PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KEBAB BABA RAFI SURABAYA
THE INFLUENCE OF THE QUALITY OF SERVICE TO THE SATISFACTION OF SERVICE CINSUMERS IN KEBAB BABA RAFI SURABAYA
Berbagai macam makanan dan minuman dalam bentuk yang menarik dapat menarik pelanggan ke industri kuliner, salah satu sektor bisnis yang banyak diminati oleh populasi yang terus berkembang, terutama di Indonesia. Pelanggan harus senang karena mereka memainkan peran penting dalam keberhasilan bisnis. Kualitas layanan merupakan faktor penting dalam menentukan kebahagiaan klien. Lima faktor membentuk kualitas layanan: ketergantungan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan di Kebab Baba Rafi dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Toko Kebab Baba Rafi di Surabaya menjadi lokasi penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah pelanggan Kebab Baba Rafi Surabaya. Dalam penelitian ini, 50 partisipan dengan usia minimal 17 tahun dijadikan sampel. Kuesioner, uji validitas, dan uji reliabilitas semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Analisis kuantitatif adalah jenis analisis yang digunakan. Sepuluh uji regresi linier dasar, uji t, dan uji koefisien determinan merupakan metode uji statistik yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan Kebab Baba Rafi Surabaya dengan tingkat kepuasan pelanggan; dan2) Menurut koefisien determinasi (R2), kualitas layanan menjelaskan 78,4% variasi dalam kepuasan pelanggan, dengan faktor lain menyumbang 21,2% sisanya. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen menempatkan nilai yang tinggi pada tingkat pelayanan yang mereka dapatkan.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, kepuasan Konsumen, Kebab Baba Rafi
A wide variety of food and beverages in attractive forms can attract customers to the culinary industry, a business sector that is in great demand by a growing population, especially in Indonesia. Customers should be happy because they play an important role in the success of the business. Service quality is an important factor in determining client happiness. Five factors shape service quality: dependability, responsiveness, assurance, and empathy. The purpose of this study was to determine how customer satisfaction at Kebab Baba Rafi is influenced by service quality. Baba Rafi's Kebab shop in Surabaya became the research location. Participants in this study were customers of Kebab Baba Rafi Surabaya. In this study, 50 participants with a minimum age of 17 years were sampled. Questionnaires, validity tests, and reliability tests were all used in the data collection process. Quantitative analysis is the type of analysis used. Ten linear regression basic t test, and determinant coefficient test are statistical test methods used. The results showed that: 1) There was a significant relationship between the service quality of Kebab Baba Rafi Surabaya and the level of customer satisfaction; and 2) According to the coefficient of determination (R2), service quality explains 78.4% of the variation in customer satisfaction, with other factors accounting for the remaining 21.2%. This shows that consumers place a high value on the level of service they get.
Keywords: Service Quality, Consumer Satisfaction, Kebab Baba Rafi