Tujuan penelitian
pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan buku interaktif yang layak pada
Materi pecahan dasar Mata Pelajaran Matematika di SDN Ketintang 2 Surabaya. (2)
untuk mengetahui tingkat keefektifan buku interaktif pada Materi pecahan dasar
Mata Pelajaran Matematika di SDN Ketintang 2 Surabaya.
Model pengembangan
yang digunakan adalah model 4D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate, yang
dimana penelitian ini hanya sampai pada tahap 3 yaitu Develop . Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket
dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan buku
interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Jenis data dalam
penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik
wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang
kelayakan buku interaktif, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data
kuantitatif tentang hasil belajar siswa Slow
Learner kelas III SDN Ketintang 2 Surabaya. Teknik analisis data pada
penelitian pengembangan ini menggunakan Non-Parametric
dengan uji Willcoxon .
Berdasarkan
analisis data, hasil uji kelayakan buku interaktif pada ahli materi I dan II, ahli media I,
serta uji coba yang diterapkan pada peserta didik dapat dikategorikan sangat
baik. Sehingga disimpulkan bahwa buku interaktif pada Materi Pecahan Dasar pada
mata pelajaran Matematika telah layak untuk digunakan siswa Slow Learner dalam proses pembelajaran
di SDN Ketintang 2 Surabaya.
Selanjutnya hasil
analisis Uji Willcoxon yang
membandingkan dari hasil nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada siswa Slow Learner kelas III SDN Ketintang 2
Surabaya, didapatkan Zhitung = 2,36
lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengan
krisis 5% dan n= 7 maka Zhitung =
3,36 > Ztabel = 1,96. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa media buku interaktif operasi hitung pada Materi
Pecahan Dasar Mata Pelajaran Matematika telah efektif untuk digunakan dalam
proses pembelajaran di SDN Ketintang 2 Surabaya.
Kata kunci: Pengembangan, Buku Interaktif, Pecahan
Dasar, Matematika, Slow Learner (Lamban
Belajar).