STUDI LITERATUR MEDIA ABACUS DALAM KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK TUNANETRA
LITERATURE STUDY OF ABACUS MEDIA IN ADDITION AND SUBTRACTION COUNTING SKILLS FOR VISUALLY IMPAIRED CHILDREN
Keterbatasan penglihatan anak tunanetra berdampak pada tidak dapatnya menerima informasi visual sehingga perlu mengoptimalkan indera lainnya, seperti indera pendengaran yang didukung dengan taktik untuk mengupayakan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan. Konsep berhitung penjumlahan dan pengurangan penting untuk dimiliki semua orang karena sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu di ajarkan pada anak sejak usia dini. Media yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep berhitung pada anak tunanetra adalah Abacus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media Abacus dalam konsep berhitung penjumlahan dan pengurangan sederhana pada anak tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah berbagai temuan untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Abacus mampu menunjang kemampuan berhitung. Artinya bahwa keberhasilan penggunaan media Abacus dapat menyesuaikan materi dan metode untuk mempermudah dalam pembelajaran berhitung.
Vision limitation of visually impaired children results in the inability to receive visual information as of the need to optimize other senses, such as hearing sense supported by strategy to strive for addition and substraction skill in numeracy. The concepts of addition and subtraction in numeracy skill are important for everyone because they are unseparated in everday life, so that they need to be taught from an early age. The media that can be used to teach numeracy concepts to visually impaired children is Abacus.The purpose of this study is to describe the use of Abacus media in improve simple numeracy concept of addition and subtraction for visually impaired children. This study employs literature study method conducted by reviewing the findings to be analysed using data analysis technique. The result of this study show that Abacus could improve the numeracy skills. It means that the successful use of Abacus media can adjust materials and method to facilitate convenience in numeracy learning.