Video Modeling terhadap Kemampuan Bina Diri Menghadapi Masalah Sosial Perkelahian bagi Anak Tunagrahita
Video Modeling of the Activities of Daily Living Skill to Face Social Problem of Fighting for Intellectual Disability Children
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai video modeling terhadap kemampuan bina diri menghadapi masalah sosial perkelahian bagi anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari literatur-literatur yang relevan seperti buku dan artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Hasil Penelitian ini adalah tersusunnya kajian mengenai penggunaan video modeling sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan bina diri menghadapi masalah sosial perkelahian bagi anak tunagrahita.
Kata Kunci: video modeling, bina diri, masalah sosial, perkelahian, tunagrahita
The purpose of this paper is to provide an overview about video modeling of the activities of daily living skill to face social problem of fighting for intellectual disability children. The research method used in this research is library research. Sources of research data obtained from relevant literature such as books and scientific articles. The data collection technique used in this study is the documentation method. The data analysis technique used in this study is content analysis method. To maintain the accuracy of the studiesand prevent misinformation in data analysis, checking is done between libraries and rereading the literature and paying attention to the supervisor's comments. The results of this study are the compilation of studies on the use of video modeling as an effort to improve the ability of activities of daily living skill to face social problem of fighting for intellectual disability children.K
Keywords: video modeling, activities of daily living, social problem, fighting, intellectual disability