PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI MENGGUNAKAN METODE IMITASI PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SMPLB YPAC JEMBER
DANCE EXTRACURRICULAR LEARNING USING THE IMITATION METHOD FOR MENTALLY RETARDED CHILDREN AT SMPLB YPAC JEMBER
SMPLB YPAC Jember merupakan salah satu Sekolah menengah pertama luar biasa di Jember yang menyediakan pembelajaran tari melalui kegiatan Ekstrakurikuler bagi anak Tuna Grahita. Pembelajaran tari memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak Tuna Grahita, khususnya dalam perkembangan motorik anak. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran ini yakni menggunakan metode imitasi dengan langkah-langkah yang diimplementasikan dalam kegiatan inti. Metode imitasi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan melalui tahap pengamatan, mendengar kemudian meniru. Dalam pemilihan materi menggunakan tari tradisional yang sudah disesuaikan dengan kondisi siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni (1)Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi pada anak Tuna Grahita di SMPLB YPAC Jember (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran Ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi pada anak Tuna Grahita di SMPLB YPAC Jember (3)Mendeskripsikan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran Ekstrakurikuler tari pada Anak Tuna Grahita di SMPLB YPAC Jember.
Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif. Subyek dalam penelitian yakni anak Tuna Grahita yang ada di SMPLB YPAC Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui 3 tahap yakni reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ekstrakurikuler tari di SMPLB YPAC Jember dilaksanakan melalui 3 tahap yakni kegiatan awal, kegiatan inti, penutup. Hasil belajar yang didapat anak Tuna Grahita dalam pembelajaran Ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hambatan yang dilalui selama pelaksanaan belajar dipengaruhi oleh 2 faktor yakni faktor internal dan ekskternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa yang meliputi faktor keluarga, Sekolah dan lingkungan.
SMPLB YPAC Jember is one of the special junior high schools in Jember which provides dance lessons through extracurricular activities for mentally retarded children. Dance learning has a very important role in the development of mentally retarded children, especially in children's motor development. The method used by the teacher in this learning is to use the imitation method with the steps implemented in the core activities. The imitation method is a learning method that is carried out through the stages of observing, listening and then imitating. In selecting material using traditional dance that has been adapted to the conditions of students. The aims of this study are (1)b to describe the implementation of dance extracurricular learning using the imitation method for mentally retarded children at SMPLB YPAC Jember (2) to describe the results of dance extracurricular learning using the imitation method for mentally retarded children at SMPLB YPAC Jember (3) to describe the obstacles that occurs in the implementation of dance extracurricular learning for mentally retarded children at SMPLB YPAC Jember.
This study uses a qualitative methodology. The subjects in the study were mentally retarded children at SMPLB YPAC Jember. Data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. The data analysis was carried out through 3 stages, namely data reduction, presentation and drawing conclusions. Data validity uses source triangulation, technical triangulation and time triangulation.
The results of the research above show that the implementation of dance extracurricular learning at SMPLB YPAC Jember is carried out through 3 stages, namely initial activities, core activities, closing. Learning outcomes obtained by mentally retarded children in dance extracurricular learning using the imitation method are marked by increased children's abilities in the cognitive, affective and psychomotor domains. Obstacles that are passed during the implementation of learning are influenced by 2 factors, namely internal and external factors. Internal factors come from within the student, while external factors come from outside the student which includes family, school and environmental factors.