Penelitian ini didasari oleh pengalaman dan pengamatan selama kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) dan sekolah yang akan diteliti. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan didapatkan sebuah permasalah di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis narasi yaitu sulitnya peserta didik dalam mengembangkan dan menulis cerita narasi dan kurangnya penggunaan media pembelajaran di dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan media kartu gambar berseri yang valid untuk keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas IV sekolah dasar. (2) menghasilkan media kartu gambar berseri yang efektif untuk keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas IV sekolah dasar. (3) menghasilkan media kartu gambar berseri yang praktis untuk keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik Skala Likert dan Skala Guttman. Penelitian ini dilakukan di SDN Kanigaran 3 Kota Probolinggo dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV berjumlah 31 orang dan 1 pendidik kelas IV sekolah dasar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu gambar berseri valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran menulis narasi di kelas IV sekolah dasar dengan persentase kevalidan media sebesar 87% dan materi sebesar 87%, kepraktisan sebesar 95,2% dari peserta didik dan 90% dari pendidi, keefetifan memeroleh nilai n-Gain sebesar 0,31 dengan katerangan peningkatan sedang.
Kata kunci: gambar berseri, kartu, keterampilan menulis, narasi, media pembelajaran.
This research is based on experiences and observations during PLP (Introduction to Schooling Field) activities and the schools that will be studied. Based on experience and observations, a problem was found in learning Indonesian in narrative writing material, namely the difficulty of students developing and writing narrative stories and the lack of use of learning media in the learning process. The aims of this study were (1) to produce a valid serial picture card media for narrative writing skills for fourth grade elementary school students. (2) produce an effective serial picture card media for narrative story writing skills for fourth grade elementary school students. (3) produce a series of picture card media that is practical for narrative story writing skills for fourth grade elementary school students.
This type of research uses research and development (R&D) with the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The technique used in this research is the Likert Scale and Guttman Scale techniques. This research was conducted at Kanigaran 3 Public Elementary School, Probolinggo City with research subjects namely 31 class IV students and 1 teacher of class IV elementary school.
The results of this study indicate that serial picture card media is valid, effective, and practical to use in learning to write narratives in class IV of elementary school with a percentage of media validity of 87% and material of 87%, practicality of 95.2% of students and 90 % of educators, the effectiveness of obtaining an n-Gain value of 0.31 with a moderate increase.
Keywords: picture series, cards, writing skills, narration, learning media.