THE IMPLEMENTATION OF STORYTELLING TECHNIQUE IN SPEAKING SKILL FOR ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa Inggris penting yang harus dikuasai oleh siswa. Ada banyak cara yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara. Salah satunya dengan menggunakan teknik bercerita. Menggunakan teknik bercerita dapat mendorong siswa untuk berbicara secara aktif di kelas. Siswa menyampaikan pesan yang melibatkan mereka dalam kegiatan bercerita untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan mendorong mereka untuk terlibat dalam kelas berbicara. Bercerita dalam pengajaran teks deskriptif merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian siswa ketika belajar di kelas berbicara karena menyenangkan, dan interaksi yang baik dapat dilakukan sehingga siswa berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik bercerita dalam pembelajaran teks deskriptif di kelas AEL siswa kelas X MA Assalam dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik bercerita. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif untuk memperoleh dan menganalisis data. Melalui observasi lapangan, peneliti memaparkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa di kelas AEL, dilanjutkan dengan wawancara dengan guru untuk mendapatkan informasi tambahan. Kemudian beberapa siswa diwawancarai untuk mendapatkan tanggapan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bercerita adalah teknik yang tepat untuk mengajarkan keterampilan berbicara. Selain itu, teknik ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri, kelancaran, kosa kata, dan pengucapan siswa. Siswa juga memberikan respon positif terhadap penerapan teknik bercerita.
Kata Kunci: Kemampuan berbicara, teknik bercerita, teks deskripsi
Speaking is one of four important English skills that should master by students. There are many ways that teachers could use in teaching speaking skills. One of them was using storytelling techniques. Using storytelling techniques can encourage students to speak actively in class. Students convey messages that involve them in storytelling activities to develop communication skills and promote them to be involved in speaking class. Storytelling telling in teaching descriptive text was an effective way to attract students' attention when learning in speaking class because they were fun, and good interactions could be carried out so that students actively participated during the learning process.
This research aims to describe the implementation of the storytelling technique during teaching and learning about a descriptive text in AEL class for tenth graders of MA Assalam class and to describe the students' responses to the implementation of the storytelling technique. The researcher used descriptive qualitative to obtain and analyze the data. Through field observations, the researcher described learning activities conducted by the teacher and students in AEL class, followed by interviews with teachers to get additional information. Then several students were interviewed to obtain the students’ responses.
The results showed that storytelling is an appropriate technique for teaching speaking skills. In addition, this technique is also helpful for improving students' self-confidence, fluency, vocabulary, and pronunciation. Students also gave positive responses to the implementation of the storytelling technique.
Key Words: speaking skill, storytelling technique, descriptive text