ABSTRAK
EVALUASI KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS PT PELABUHAN INDONESIA III DI TERMINAL MULTIPURPOSE NILAM TIMUR.
Oleh :
Fatta Rohman Difa
Pelabuhan merupakan suatu tepian dimana kapal dan perahu dapat bersandar dan bertambat untuk melakukan bongkar muat barang, menaik-turunkan penumpang dan kegiatan lainnya. Salah satunya adalah pelabuhan Tanjung Perak
Terminal Nilam Timur merupakan Terminal Multipurpose yang berada di Tanjung Perak. Terminal Nilam Timur biasa dipergunakan untuk bermacam-macam barang di dalam terminal atau pelabuhan dengan komoditi barang impor dan exspor dalam suatu kegiatan. Terminal Multipurpose Nilam Timur, merupakan tempat kegiatan bongkar muat petikemas domestik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan bongkar muat petikemas menggunakan metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dengan menggunakan metode wawancara kepada pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah kapal yang melakukan kegiatan bongkar muat selama tahun 2019. Metode pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 234 responden.
Hasil penelitian menunjukan pengguna merasa cukup puas namun ada indikator – indikator yang diprioritaskan oleh penngguna yang kinerjanya harus lebih ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : Kinerja Pelayanan, petikemas, Importance Perfomance Analysis (IPA).
ABSTRACT
SERVICE PERFORMANCE EVALUATION CONTAINER LOADING AND UNLOADING PT PELABUHAN INDONESIA III IN TERMINAL MULTIPURPOSE NILAM TIMUR.
By:
The harbor is an edge where ships and boats can lean and moored to carry out loading and unloading of goods, passengers and passengers and other activities. One of them is the port of Tanjung Perak
East Nilam Terminal is a Multipurpose Terminal located in Tanjung Perak. East Patchouli Terminal is usually used for various goods in the terminal or port with imported and exported commodities in an activity. East Nilam Multipurpose Terminal, a place for loading and unloading activities of domestic containers.
This study aims to evaluate the performance of container loading and unloading services using the Importance Performance Analysis (IPA) method using the interview method to the user. The population in this study is the number of ships carrying out loading and unloading activities during 2019. The sampling method uses Simple Random Sampling using the Slovin formula to obtain a total sample of 234 respondents.
The results showed the user felt quite satisfied but there were indicators prioritized by users whose performance had to be further improved..
Keyword: Service Performance, Container, Importance Performance Analysis (IPA).