PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DJOERAGAN KUE LEKKER SURABAYA
Djoeragan Kue Lekker adalah salah satu UMKM Surabaya yang menjual produk makanan berupa kue lekker. Djoeragan Kue Lekker ingin mengembangkan citra usahanya terhadap konsumen dan menjadikan pembeda dari kompetitor. Perancangan menggunakan Metode pengumpulan data melalui metode kualitatif sebagai pengumpulan data. Metode analisis data dengan analisis STP dan SWOT. Metode perancangan memakai metode analisis data serta alur perancangan menggunakan metode design thinking oleh Hasso-Platter Institute of Design at Standford dengan tahapan emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari penelitian berupa logo Djoeragan Kue Lekker dengan penerapan media cetak berupa graphic standart manual, apron, label kemasan, kartu nama, stiker, dan x-banner. Sedangkan media digital berupa google business yang bertujuan untuk jangka lanjut dari penelitian serta mengenalkan usaha Djoeragan Kue Lekker lebih luas lagi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual yang diharapkan melalui identitas visual ini dapat diaplikasikan terhadap berbagai media cetak maupun digital untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap masyarakat kepada usaha Djoeragan Kue Lekker serta mampu dikenal oleh masyarakat lebih luas, sehingga dapat bersaing dengan berbagai UMKM sejenis di Kota Surabaya.
Djoeragan Kue Lekker is one of Surabaya's MSMEs that sells food products in the form of lekker cakes. Djoeragan Kue Lekker wants to develop its business image towards consumers and make a difference from competitors. The design uses data collection methods through qualitative methods as data collection. Data analysis methods with STP and SWOT analysis. The design method uses the data analysis method and the design flow uses the design thinking method by the Hasso-Platter Institute of Design at Standford with the stages of empathize, define, ideate, prototype, and test.The results of the research are in the form of the Djoeragan Kue Lekker logo with the application of print media in the form of graphic standard manuals, aprons, packaging labels, business cards, stickers, and x-banners. While digital media in the form of google business which aims to further the research and introduce Djoeragan Kue Lekker's business more widely. This research aims to design a visual identity that is expected through this visual identity can be applied to various print and digital media to increase brand awareness of the public to the Djoeragan Kue Lekker business and be able to be recognized by the wider community, so that it can compete with various similar MSMEs in Surabaya City.