META ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK
META-ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF LEARNING MODELS IN THE SUBJECTS OF ELECTRICAL MOTOR INSTALLATION IN VOCATIONAL SCHOOL
Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan agar siap bekerja, sehingga menuntut para guru untuk memastikan bahwa para siswa memiliki kompetensi yang mendukung tujuan dari pendidikan kejuruan. Salah satu cara yang dapat diterapakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan kondisi kelas. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mengungkap keefektifan model pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik dan hal-hal yang mempengaruhinya; (2) mengungkap kriteria model pembelajaran yang efektif diterapkan pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan metode analisis deskriptif dan meta analisis menggunakan teknik analisis besar pengaruh (effect size). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa semua model pembelajaran efektif diterapkan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik ditinjau dari adanya peningkatan kompetensi siswa. Model pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara berkelompok dapat meningkatkan kompetensi siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran yang terpusat pada guru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan effect size dari keenam data, diantaranya 5 data termasuk dalam efek besar dan 1 data termasuk dalam efek sedang. Model pembelajaran TPSq mendapatkan nilai effect size tertinggi yaitu 0,98 dan model pembelajaran PBL mendapatkan nilai effect size terendah yaitu 0,24. Sedangkan untuk rata-rata nilai effect size yaitu sebesar 0,75 atau termasuk dalam kategori efek besar.
Kata kunci: meta analisis, model pembelajaran, instalasi motor listrik, SMK
Vocational education is an education that aims to prepare graduates to be ready for work, and thus it demands teachers to ensure students to have competencies that support the purpose of vocational education. One way that applicable is by applying a learning model that suits the subjects and classroom conditions. Based on the description, this study aims to (1) reveal the effectiveness of learning models in the subjects of Electrical Motor Installation and things that affect them; (2) uncover the criteria of effective learning models applied to the subjects of electrical motor installation. This research is a literature review with descriptive analysis method and meta-analysis using the effect size technique. This study gets the results that all learning models effectively applied to the subjects of Electrical Motor Installation reviewed from the improvement of student competence. Learning models that require students to work in groups can improve students' competencies higher than teacher-centered learning models. It proved by the result in the calculation of effect size of the six data, including 5 data included in the large effect and 1 data included in the medium effect. TPSq learning model gets the highest effect size value of 0.98 and PBL learning model gets the lowest effect size value of 0.24. Meanwhile, the average effect size value is 0.75 or included in the large effects category.
Keywords: the meta-analysis, learning model, electrical motor installation, SMK