SIKAP BAHASA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TERHADAP BAHASA INDONESIA
SURABAYA STATE UNIVERSITY STUDENTS' LANGUAGE ATTITUDES TOWARDS INDONESIAN
Nama : Fitriyah
Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 16 Desember 2001
NIM : 20020074043
Program Studi/Angkatan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/2020
Fakultas : Bahasa dan Seni
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Trinil Dwi Turistiani, M.Pd
Tahun : 2024
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya terhadap bahasa Indonesia yang berfokus pada (1) Bagaimana sikap kesetiaan bahasa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya terhadap bahasa Indonesia, (2) Bagaimana sikap kebanggaan bahasa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya terhadap bahasa Indonesia, dan (3) Bagaimana sikap kesadaran norma bahasa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya terhadap bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kombinasi dengan perpaduan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif yang merujuk pada model sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 336. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi awal, angket, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini memuat tiga langkah, yaitu (1) Membuat tabel klasifikasi data, (2) Menjabarkan hasil penelitian, dan (3) Menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sikap kesetiaan bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa tergolong dalam kategori positif dengan persentase 43% kemudian hasil dari sikap kebanggaan bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa termasuk ke dalam kategori positif dengan persentase 51%, dan hasil dari sikap kesadaran norma bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa termasuk ke dalam kategori positif dengan persentase 37%.
Kata Kunci: Sikap Bahasa, Kesetiaan, Kebanggaan, Kesadaran
This study aims to describe the language attitude of Surabaya State University students towards Indonesian language which focuses on (1) How is the attitude of language loyalty of Surabaya State University students towards Indonesian language, (2) How is the attitude of language pride of Surabaya State University students towards Indonesian language, and (3) How is the attitude of language norm awareness of Surabaya State University students towards Indonesian language. This research is included in the type of combination research with a combination of quantitative and qualitative research methods that refer to the sequential explanatory model. The population in this study were students of Surabaya State University with a sample size of 336. Data collection techniques in this study were through initial observations, questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study contains three steps, namely (1) Creating a data classification table, (2) Explaining the research results, and (3) Drawing conclusions. The results of this study are the attitude of language loyalty owned by students belonging to the positive category with a percentage of 43% then the results of the attitude of language pride owned by students belong to the positive category with a percentage of 51%, and the results of the attitude of language norm awareness owned by students belong to the positive category with a percentage of 37%.
Keywords: Attitude Language, Loyalty, Pride, Awareness