Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan ketika melakukan pengamatan observasi yang telah dilakukan di beberapa TK. Fokus permasalahan terdapat pada perkembangan bahasa khususnya keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media panggung boneka terhadap keterampilan berbicara anak.
Penelitian dengan judul “Pengaruh Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok A di TK Adni Islamic English School Surabaya” ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun rancangan penelitianya adalah quasi experiment dengan jenis non equivalent control grub desaign. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing memiliki sampel berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji tanda Wilcoxon Match Pairs Test.
Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok kontrol nilai Z yang didapat sebesar -2,758 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,006 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Pada kelompok eksperimen terdapat data hasil sebesar -3,311 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,001 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Data kelompok eksperimen memiliki rata-rata kenaikan selisih post test- pre test lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan panggung boneka berpengaruh pada keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Adni Islamic English School Surabaya.
Kata Kunci : Media Panggung Boneka, Keterampilan Berbicara, Kelompok A
The backgrounds of the research appears through found issue of language growth in observation had been made for several kindergarten. The focus problem in this research was language skills especially in speaking skills. The aims of this research was found out the impact of utilization puppet stage media towards child speaking skills.
The research entitled "The Impact of Puppet Stage Media Towards Speaking Skills For Child Group A In Adni Islamic English Schools Kindergarten In Surabaya" used quantitative study types. This type of design has an experimental group and control group. The research has each 14 child for control group and experimental group. The analysis method in this research used Wilcoxon Match Pairs Test.
Based on the results of the Wilcoxon Signed Rank Test in the control group the value of Z obtained is -2.758 with p value (Asymp. Sig 2 tailed) of 0.006 where less than the research critical limit of 0.05 so the hypothesis decision is to accept Ha or which means there are significant differences between the pretest and posttest groups. In the experimental group there are results data of -3.311 with p value (Asymp. Sig 2 tailed) of 0.001 where less than the research critical limit of 0.05 so that the hypothesis decision is to accept Ha or which means there are significant differences between the pretest and posttest groups. The experimental group data has a higher average increase in the post-test pre-test difference than the control group. So it can be concluded that the storytelling activities using the puppet stage influence the speaking skills of group A children in Adni Islamic English School kindergarten in Surabaya.
Keywords: Puppet Stage Mredia, Speaking Skills, Group A