ABSTRAK
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP
KEMAMPUAN SAINS MENGENAL BENDA CAIR
PADA ANAK KELOMPOK B TK HIDAYATULLAH
LIDAH KULON 1/58 SURABAYA
Nama : Dewi Fatmawati
NIM : 15010684026
Program Studi : S1 PG PAUD
Jurusan : PG PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya dalam mengenal benda cair. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya ditemukan 70% dari 14 anak kelompok B TK hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya masih kurang dalam mengenal benda cair baik itu bentuk benda cair ataupun proses mengalirnya benda cair. Permasalahan tersebut disebabkan disebabkan oleh pengenalan yang tidak sesuai media pembelajaran dan metode pembelajaran yang tidak konkrit. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu pengenalan benda cair menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan beberapa alat yang berbeda untuk anak lebih mengenal benda cair. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design jenis Non equivalent Control Group Design. Penelitian jenis ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya yang berjumlah 28 anak. Setiap kelompok masing-masing ada 14 anak yaitu kelompok eksperimen 14 anak dan kelompok kontrol 14 anak. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipan dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang sudah didapatkan kemudian data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data menggunakan rumus Mann Whitney U Test menunjukkan data yang sudah dianalisis yaitu Uhitung=19,5, Utabel=47, dimana dengan syarat perbandingan jika Uhitung ≤Utabel maka H0 ditolak, sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.
Kata kunci : metode eksperimen, anak kelompok B, kemampuan sains mengenal benda cair
ABSTRACT
THE EFFECT OF EXPERIMENTAL METHOD ON SCIENTIFIC ABILITY TO KNOW LIQUID OBJECTS IN CHILDREN GROUP B HIDAYATULLAH KINDERGARTEN LIDAH KULON 1/58 SURABAYA
Name : Dewi Fatmawati Student’s Register Number : 15010684026 Study Program : Bachelor of Early Childhood Education Programs Department : Early Childhood Education Programs (PG PAUD) Faculty : Faculty of Science Education Name of Institution : State University of Surabaya Advisor : Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.
This research is motivated by a lack of ability in group B of Hidayatullah Kindergarten Lidah Kulon 1/58 Surabaya in recognizing liquid objects. Based on the results of preliminary observations at Hidayatullah Kindergarten, Lidah Kulon 1/58 Surabaya, 70% of the 14 children from group B Hidayatullah Kindergrten Lidah Kulon 1/58 Surabaya was still lacking in recognizing liquid objects not only in the form of liquid or the process of liquid is flowing. The problem is raised because the introduction about it is not in accordance with learning media and learning methods is not congcret yet. The solution to this problem is the introduction of liquid objects using the experimental method by using several different tools for children to know more about liquid objects. This study aims to see whether there is an effect of the experimental method on the scientific ability to recognize liquid objects in the group B Hidayatullah Kindergarten Lidah Kulon 1/58 Surabaya.
This study uses a quantitative approach with experimental design using Quasi Experimental Design type Non-equivalent Control Group Design. This study used two groups, the experimental group and the control group. The subjects of this study is Hidayatullah Kindergarten Lidah Kulon 1/58 Surabaya group B children with 28 member. Each group had 14 children, the experimental group with 14 children and the control group with 14 children. Data is being collected using participant observation and documentation techniques.
Based on the data that has been obtained then the data is collected and analyzed using the Mann-Whitney U-Test formula. The results of data analysis using the Mann Whitney U Test formula show that the data that has been analyzed is Ucount = 19.5, Utable = 47, where with the comparison requirements if Ucount ≤ Utable it means that H0 is rejected, so Ha is accepted with there is an influence of the use of experimental methods on the ability to know liquid objects in the children of group B Hidayatullah Kindergarten Lidah Kulon 1/58 Surabaya.
Keywords: experimental method, group B children, scientific abilities recognize liquid objects