PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 9E PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA
The Development of Teaching Material with Learning Cycle 9E Model on Acid Base Matter to Improve Self Efficacy and Student Learning Outcomes
ABSTRAK Fitroh Annisaul M. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 9E pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA”. Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tukiran, M.Si, dan (II) Dr. Harun Nasrudin, M.S. Kata-kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Self efficacy, Learning Cycle 9E
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan model Learning Cycle 9E untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar peserta didik. Spesifikasi produk dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, Angket, dan Instrumen Tes. Model pengembangan yang digunakan yakni model 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, tes, dan angket dengan menggunakan dua kelas uji coba. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran dengan modus 4 berkategori sangat valid, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor rata-rata dengan kategori sangat baik, ditinjau dari aktivitas peserta didik dengan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 3,75 dan 3,73, ditinjau dari respon peserta didik mendapatkan persentase respon sangat kuat, (3) keefektifan perangkat pembelajaran dengan ditinjau dari peningkatan self efficacy peserta didik dengan nilai n-gain memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 0,75 dan 0,75 dengan kriteria tinggi, serta peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai ngain rata-rata peningkatan sebesar 0,74 dan 0,78 dengan kriteria tinggi; dan (4) Berdasarkan hasil Uji Maan Whitney nilai (sig (2-tailed) ≥ 0,05), diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan self efficacy maupun hasil belajar peserta didik pada kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 9E layak digunakan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar peserta didik.
Fitroh Annisaul M. 2020. “The Development of Teaching Material with Learning Cycle 9E Model on Acid Base Matter to Improve Self Efficacy and Student Learning Outcomes”. Science Education Study Program, Post-graduate. Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Prof. Dr. Tukiran, M.Si, and (2) Dr. H. Harun Nasrudin, M.S. Keyword: Learning material, Self efficacy, Learning Cycle 9E The purpose of this research was aimed to produce the teaching material with Learning Cycle 9E model to improve self efficacy and student learning outcomes. The specifications product of teaching material which was developed include lesson plan, Student Activity Sheet, questionnaire, and test. This research used 4D model from Thiagarajan which consists of define, design, develop, and disseminate, and development. The data were collected through validation, observation, test, and questionnaire using 2 experiment class. Data of the research were analyzed descriptively quantitative and qualitative. Result of the research showed that: (1) the validity of teaching material showed the modus of the result was very valid, (2) practicality of teaching material in terms of the implementation of learning get an average score with very good categories, and in terms of student activities with an average student activity of 3.75 and 3.73 and in terms of students responses get percentage response is very strong (3) the effectiveness of learning devices in terms of increasing studentsꞌ self efficacy with an n-gain value obtainined an average value of increase of 0.75 and 0,75 with high criteria, as well as an increase in students' learning outcomes getting an average n-gain value increase of 0.74 and 0,78 with high criteria; (4) Based on the Whitney Maan Test value (sig (2-tailed) ≥ 0.05), it is known that there is no significant difference between increasing students self efficacy and students' learning outcomes in both classes. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the teaching material with Learning Cycle 9E model are appropriate to be used to improve self efficacy and student learning outcomes.