Pembelajaran berbahasa di Talent Class selama ini dinilai tidak
efektif dan efisien, sehingga peningkatan kemampuan bahasa peserta didik
bukanlah yang terbaik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis penerapan pendekatan pembelajaran Speak Up pada peserta didik Paket A. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan,
dan dokumentasi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.
Informan yang di wawancara meliputi tutor talent
class speak up pada peserta didik paket A, penanggung jawab talent class speak up , dan peserta didik
paket A. Kemudian data yang sudah terkumpul, dilakukan uji keabsahan data
melalui uji kredibilitas, uji
transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Dalam
memudahkan pemahaman hasil penelitian, peneliti menggunakan kondensasi data,
display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Talent Class Speak Up
pada peserta didik paket A menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat
pada siswa, yang menekankan pada keterampilan pemecahan masalah dan
memungkinkan proses pembelajaran berjalan secara mandiri, membuat siswa lebih
aktif dan kreatif, akan menjadi suasana belajar lebih menyenangkan. Ada lima
jenis metode pembelajaran: metode ceramah, metode konteks, teknik praktik,
metode praktik, dan metode show & tell. Games, PowerPoint dan real object
digunakan sebagai media pembelajaran. Sumber daya dari buku dan situs web. Dari
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran,
metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar dapat meningkatkan
keterampilan bahasa peserta didik paket A.
Kata
Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Talent
Class Speak Up , Homeschooling .