PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF SMART BOX LEARNING MEDIA IN THE SUBJECT OF PANCASILA EDUCATION ON RIGHTS AND OBLIGATIONS OF ELEMENTARY SCHOOL
Nama : Devi Rizky Pramudya
NIM : 20010644049
Program : S1
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Instansi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkan individu yang unggul dan berkarakter, sehingga pendidikan harus memiliki sifat yang fleksibel menyesuaikan kebutuhan dan tantangan zaman. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan menginovasikan proses pembelajaran, salah satunya adalah pengembangan media pembelajaran. Seperti pada pembelajaran Hak dan Kewajiban mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar yang cenderung berifat monoton, dibutuhkan media pembelajaran sehingga mampu mempermudah guru untuk menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan karakter pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Sehingga dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran pada materi Hak dan Kewajiban mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan smart box dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang valid dan efektif dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran smart box pada materi Hak dan Kewajiban mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar yang memiliki kevalidan dan keefektivan yang sesuai. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE dan desain uji coba terbatas One-Group Pretest-Posttest Design.
Uji coba terbatas dilaksanakan di SD Negeri Kandangan 3 Surabaya, dengan subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Adapun hasil yang didapat media pembelajaran smart box adalah proses pengembangan smart box sebagai media pembelajaran pada materi hak dan kewajiban Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar dilaksanakan dengan baik dan sistematik sesuai tahapan ADDIE, media pembelajaran smart box yang dikembangkan mendapatkan kategori Sangat Valid dan efektif meningkatkan pemahaman, sikap serta keterampilan peserta didik dalam menerapkan materi yang dipelajari.
Kata Kunci: Hak dan Kewajiban, Pendidikan Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Smart Box.
Name : Devi Rizky Pramudya
Study program : S-1
Departemen : Elementary School Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
Education plays an important role in developing superior and characterful individuals, so education must be flexible in adapting to the needs and challenges of the times. Improving the quality of education can be done by innovating the learning process, one of which is the development of learning media. As in the learning of Rights and Obligations of Pancasila Education subjects in Elementary Schools which tend to be monotonous, learning media are needed so that they can make it easier for teachers to deliver the material taught in accordance with the character of learning in the Merdeka Curriculum. So a solution is needed in the form of developing learning media on the material of Rights and Obligations of Pancasila Education subjects in Elementary Schools. Based on the studies that have been carried out, smart boxes can be used as valid and effective learning media in learning. So this study aims to develop smart box learning media on the material of Rights and Obligations of Pancasila Education subjects in Elementary Schools that have the appropriate validity and effectiveness. The procedure used in this study used ADDIE and a One-Group Pretest-Posttest Design limited trial design.
The limited trial was carried out at SD Negeri Kandangan 3 Surabaya, with the trial subjects being grade IV Elementary School students. The results obtained from the smart box learning media are that the process of developing smart boxes as learning media for the material on the rights and obligations of Pancasila Education in Elementary Schools is carried out well and systematically according to the ADDIE stages, the smart box learning media that was developed received the Very Valid category and was effective in improving students' understanding, attitudes and skills in applying the material being studied.
Keywords: Rights and Obligations, Pancasila Education, Development of Learning Media, Smart Box.