ANALISIS RESEPSI GENERASI Z TERHADAP KONTEN BERBAGI PADA AKUN TIKTOK @IBEN_MA
GENERATION Z RECEPTION ANALYSIS OF GENEROSITY CONTENT ON TIKTOK ACCOUNT @IBEN_MA
Konten berbagi menjadi salah satu konten yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jenis konten ini memunculkan pro dan kontra bagi masyarakat karena perbedaan pemahaman mengenai kebaikan yang dijadikan konten media sosial. Konten berbagi milik Iben dalam akun TikTok @iben_ma mempunyai cara yang cukup berbeda untuk berbagi. Dalam kontennya, ia memberikan sejumlah uang kepada orang-orang disekitarnya yang berhasil menyelesaikan tantangan yang ia berikan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerimaan pesan kelompok generasi Z terhadap konten berbagi pada akun TikTok @iben_ma. Di samping itu, bagaimana informan memahami kedermawanan juga menjadi bahasan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis resepsi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada enam informan menghasilkan satu kategori penerimaan, yakni negosiasi. Seluruh informan menyetujui bahwa konten berbagi milik Iben adalah sebuah kebaikan. Mengenai kedermawanan, seluruh informan lebih memilih untuk tidak menunjukkan aktivitas berbaginya. Namun di sisi lain, para informan juga memberikan catatan terhadap beberapa aspek berdasarkan pemahaman yang mereka miliki. Misalnya seperti pemilihan orang yang dibantu, pengemasan konten, dan preferensi konten berbagi. Persamaan penerimaan para informan yang merupakan kelompok generasi Z menunjukkan kemiripan karakteristik pemikiran dan sikap terhadap suatu isu.
Generosity content is one of the content that is widely consumed by Indonesian people. This type of content raises pros and cons for the community because of differences in understanding of the kindness that is used as social media content. Iben's generosity content in the @iben_ma TikTok account has quite a different way of sharing. In his content, he gives some money to people around him who successfully complete the challenges that he gives. This research discusses how the generation Z group's message acceptance of generosity content on the TikTok account @iben_ma. In addition, how informants understand generosity is also discussed in this study. This research is a qualitative research that uses reception analysis method and interview as data collection techniques. The results of research that has been conducted on six informants resulted in one category of acceptance, that is negotiation. All informants agree that Iben’s generosity content is a kindness. Regarding generosity, all informants preferred not to show their generous activities. But on the other hand, the informants also provided notes on several aspects based on their understanding. For example, such as selecting people that need help, content packaging, and generosity content preferences. The similarity of acceptance of generation Z informants shows similar characteristics of thoughts and perspective towards an issue.