Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Financial Management Behavior Siswa
The Effect of Financial Education in Family and Peers on Students Financial Management Behavior
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan teman sebaya terhadap financial management behavior siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cerme. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah jenis purposive sampling sejumlah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cerme yaitu 109 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis yang dilakukan meliputi uji asumsi klasik uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Data diolah dengan IBM Statistics SPSS 25. Hasil penelitian pendidikan keuangan di keluarga dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior siswa. Pendidikan keuangan di keluarga yang baik akan membuat siswa tidak mudah terpengaruh dalam pergaulan teman sebayanya karena anak telah memiliki dasar dalam berperilaku sehingga lebih dapat mengontrol perilaku keuangannya.
This study aims to determine the effect of financial education in family and peers on the financial management behavior of XI IPS class students at SMA Negeri 1 Cerme. This type of research is quantitative research. The sample used was purposive sampling a number of students in class XI IPS at SMA Negeri 1 Cerme, namely 109 students. The data collection technique used is a questionnaire. Testing is done by testing the validity and reliability. The analytical test carried out includes the classical assumption test, the hypothesis test and the coefficient of determination test. The data were processed using IBM Statistics SPSS 25. The results of the research on financial education in family and peers had a positive and significant effect on students' financial management behavior. Financial education in a good family will make students not easily influenced by their peers because children already have a basis in behavior so they can control their financial behavior more.