Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah multimedia interaktif berbasis android yang ditinjau dari kelayakan media sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMAN 19 Surabaya.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah,yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan angket yang diberikan kepada ahli materi yaitu guru pengampu mata pelajaran geografi dan seorang ahli media yaitu dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.Penilaian produk media dilakukan oleh para ahli, yaitu: ahli materi dan ahli media.Hasil dari perhitungan data angket yang diperoleh akan diukur menggunakan penilaian skala Guttman, yang akan didapatkan jawaban berupa “ya” dan “tidak”.Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92,8%.Penilaian oleh ahli media memperoleh skor 98,85%.Dari Hasil validasi penilaian ahli mendapatkan skor kelayakan produk kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Geografi materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan kelas X di SMAN 19 Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, bumi sebagai ruang kehidupan
Abstract
This development research aims to develop an interactive multimedia based on Android which is viewed from the feasibility of the media in accordance with the objectives and characteristics of the Earth as a Living Space material in the class X Geography subject at SMAN 19 Surabaya.This study uses the ADDIE development model which consists of five steps,namely (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).The data collection technique used is a questionnaire given to a material expert, namely a teacher in geography and a media expert, namely a lecturer in the Department of Curriculum and Educational Technology, State University of Surabaya.Assessment of media products is carried out by experts, namely: material experts and media experts.The results of the calculation of the questionnaire data obtained will be measured using the Guttman scale assessment, which will get answers in the form of "yes" and "no".The results of the assessment by material experts obtained a score of 92.8%. Assessment by media experts obtained a score of 98.85%.From the results of the validation of the expert assessment, the feasibility score for the product category is very good.So that it can be concluded that this interactive multimedia is suitable for use as a medium in learning Geography of the Earth as a Living Space for class X at SMAN 19 Surabaya.
Keywords: development, interactive multimedia, the earth as a living space