ABSTRAK Gilang Ocsaditya Pradana. 2019. Pengembangan Model Pelatihan Paduan Suara Kolosal. Program Studi Pendidikan Seni Budaya. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd, (2) Dr. Anik Juwariah, M.Si Kata Kunci: Model pelatihan, paduan suara kolosal, pelatih paduan suara, dirigent, conducterPaduan suara merupakan suatu karya seni yang banyak diminati oleh masyarakat. Seiring perkembangan waktu paduan suara tidak hanya sebagai media hiburan saja namun berkembang menjadi kebutuhan yang lebih spesisifik. Salah satu perkembangan trasnformasi pada paduan suara yaitu pada kuantitas anggota paduan suara itu sendiri. Jumlah anggota paduan suara pada umumnya tidak lebih dari 100 orang, namun pada saat ini banyak dibutuhkan paduan suara dengan anggota dalam jumlah banyak (kolosal) dimana untuk melatih dan mengelola paduan suara kolosal tidak mudah. Peneliti bermaksud melakukan penelitian pengembangan dengan menawarkan model berupa buku pelatihan paduan suara kolosal dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan pelatihan paduan suara kolosal. (2) Mendeskrisikan kualitas model pelatihan paduan suara kolosal. (3) Mendeskripsikan keefektifan model pelatihan paduan suara kolosal. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang digunakan sebagai acuan. Namun dalam pelaksanaannya pengembangan buku model pelatihan ini hanya dilakukan dengan 3-D yaitu define, design, dan development. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk lembar validasi dan angket, Serta digunakan deskriptif kualitatif untuk pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan model pelatihan paduan suara kolosal dilakukan dengan model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan development dengan materi model pelatihan paduan suara kolosal. Proses pembuatan buku model pelatihan paduan suara kolosal melalui beberapa tahapan meliputi: rancangan awal, validasi 1, revisi, uji coba terbatas, validasi 2, revisi, uji coba luas, produk akhir. (2) Kualitas model pelatihan paduan suara kolosal yang dikembangkan ditentukan berdasarkan kelayakan materi, kelayakan desain, dan kelayakan bahasa. Hasil akhir uji kualitas menunjukkan bahwa model pelatihan model pelatihan paduan suara kolosal sangat baik dan layak tanpa revisi. (3) Hasil akhir keefektifan buku model pelatihan paduan suara kolosal menunjukkan bahwa buku model pelatihan paduan suara kolosal sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai acuan refrensi pelatih paduan suara kolosal dalam melaksanakan pelatihan paduan suara kolosal. ABSTRACTGilang Ocsaditya Pradana. 2019. Defelopment of Colossal Choir Training Model. Postgraduated. SurabayaState University. Promotor: (1) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd, (2) Dr. Anik Juwariyah, M.SiKeywords: Training model, colossal choir, choir trainer, conductorChoir is a work of art that is in great demandby the public. Along with the development of time the choir is not only as anentertainment medium but develops into more specific needs. One of themembers themselves. The number of choir members is generally not more than 100developments in the transformation of the choir is the quantity of the choirresearcher intends to conduct development research by offering a model in thepeople, but at this time there are many needed choral choirs with members(colossal) where to train and manage colossal choirs is not easy. Thequality of the colossal choir training model. (3) Describe the effectiveness ofform of a colossal choir training book with the following objectives: (1)Describe the process of developing colossal choir training. (2) Describe thethe colossal choir training model. This development research uses a 4-D model that is used as a reference. But in the implementation of the development of thebook the training model was only carried out with 3-D, namely define, design,and development. Data collection techniques are carried out by observation,descriptive quantitative for validation sheets and questionnaires, and usedinterviews, and document studies. The data analysis technique used wasqualitative descriptive for data collection through observation and interviews.The results of this study indicate that (1) The process of developing a colossal choir trainingmodel was carried out with a 3-D development model, namely define, design, and development with a colossal choir training material. The process of making a colossal choir training model book through several stages includes: initial design, validation 1, revision, limited trial, validation 2, revision, extensive trial, final product. (2) The quality of the colossal choir training model developed is determined based on material feasibility, design feasibility, and language feasibility. The final results of the quality test showed that the colossal choir training model training model was very good and feasible without revision. (3) The final results of the effectiveness of the colossal choir training model book indicate that the colossal choir training model book is very good and feasible to be used as a reference for colossal choir trainers in conducting colossal choir training.
ABSTRAK
Gilang Ocsaditya Pradana. 2019. Pengembangan Model Pelatihan Paduan Suara Kolosal. Program Studi Pendidikan Seni Budaya. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd, (2) Dr. Anik Juwariah, M.Si
Kata Kunci: Model pelatihan, paduan suara kolosal, pelatih paduan suara, dirigent, conducter
Paduan suara merupakan suatu karya seni yang banyak diminati oleh masyarakat. Seiring perkembangan waktu paduan suara tidak hanya sebagai media hiburan saja namun berkembang menjadi kebutuhan yang lebih spesisifik. Salah satu perkembangan trasnformasi pada paduan suara yaitu pada kuantitas anggota paduan suara itu sendiri. Jumlah anggota paduan suara pada umumnya tidak lebih dari 100 orang, namun pada saat ini banyak dibutuhkan paduan suara dengan anggota dalam jumlah banyak (kolosal) dimana untuk melatih dan mengelola paduan suara kolosal tidak mudah. Peneliti bermaksud melakukan penelitian pengembangan dengan menawarkan model berupa buku pelatihan paduan suara kolosal dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan pelatihan paduan suara kolosal. (2) Mendeskrisikan kualitas model pelatihan paduan suara kolosal. (3) Mendeskripsikan keefektifan model pelatihan paduan suara kolosal.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang digunakan sebagai acuan. Namun dalam pelaksanaannya pengembangan buku model pelatihan ini hanya dilakukan dengan 3-D yaitu define, design, dan development. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk lembar validasi dan angket, Serta digunakan deskriptif kualitatif untuk pengumpulan data melalui observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan model pelatihan paduan suara kolosal dilakukan dengan model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan development dengan materi model pelatihan paduan suara kolosal. Proses pembuatan buku model pelatihan paduan suara kolosal melalui beberapa tahapan meliputi: rancangan awal, validasi 1, revisi, uji coba terbatas, validasi 2, revisi, uji coba luas, produk akhir. (2) Kualitas model pelatihan paduan suara kolosal yang dikembangkan ditentukan berdasarkan kelayakan materi, kelayakan desain, dan kelayakan bahasa. Hasil akhir uji kualitas menunjukkan bahwa model pelatihan model pelatihan paduan suara kolosal sangat baik dan layak tanpa revisi. (3) Hasil akhir keefektifan buku model pelatihan paduan suara kolosal menunjukkan bahwa buku model pelatihan paduan suara kolosal sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai acuan refrensi pelatih paduan suara kolosal dalam melaksanakan pelatihan paduan suara kolosal.
ABSTRACT