PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI
DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET TO TRAIN STUDENT’S SCIENTIFIC ARGUMENTATION SKILL IN REACTION RATE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD untuk melatihkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode 4-D. Validitas LKPD mendapatkan kriteria sangat layak, ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan menunjukkan persentase rata-rata sebesar 87,74%; 93,33%; 86,85%; dan 88,89%. Kepraktisan LKPD dinilai berdasarkan respon peserta didik yang ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, dan penyajian menunjukkan persentase rata-rata sebesar 98,61%; 98,76%; dan 96,30% dengan kriteria sangat kuat, serta didukung observasi aktivitas peserta didik yang relevan memiliki persentase rata-rata sebesar 90% dan aktivitas yang tidak relevan sebesar 10%. Keefektifan LKPD mendapat kriteria sangat efektif. N-gain score tes kognitif mendapatkan kategori interpretasi tinggi sebesar 51,85% dan interpretasi sedang sebesar 48,14% dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,77 yang didukung dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%, sedangkan pada tes keterampilan argumentasi mendapatkan kategori interpretasi tinggi dengan persentase 88,89% dan interpretasi sedang sebesar 11,11% dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,84. Hasil tersebut didukung dengan uji wilcoxon pada kedua tes dan mendapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (Ha diterima) yang artinya terdapat pengaruh pada hasil tes kognitif dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan.
Kata kunci: keterampilan argumentasi ilmiah, faktor-faktor laju reaksi, LKPD
Abstract
The research aims to determine the feasibility of Student Worksheet to train student’s scientific argumentation skill on the sub material the factors that affect the reaction rates. The research use the 4-D method. Validity of student worksheet’s get very valid criteria, reviewed by content, language, presentation, and graphic aspects that show the average percentage of 87.74%; 93.33%; 86.85%; and 88.89%. Practicality of student worksheet was rated by the student response that reviewed by content, language, and presentation that show the average percentage of 98.61%; 98.76%; and 96.30% with very strong criteria and supported by observation of relevant student activities has an average percentage of 90% and irrelevant activities with 4.44% percentage. The effectiveness of student worksheet get very effective criteria. N-gain score of cognitive test get high interpretation category with 51.85% percentage and medium interpretation category with 48.14% and the average of n-gain score is 0.77 that supported by classical completeness get a percentage of 100%, whereas on the argumentation skill test get high interpretation category with 88.89% percentage and medium interpretation category with 11.11% and the average of n-gain score is 0.84. These result are supported by wilcoxon test on the two test and get Asymp. Sig. (2-tailed) score of 0.000 (Ha accepted) that means there is an influence on the result of student’s cognitive and scientific argumentation skill test after learning using the student worksheet developed.
Keywords: scientific argumentation skill, the reaction rate factors, student worksheet