Proses pembelajaran merupakan rangkaian
komunikasi antara siswa dan guru, proses tersebut dikatakan efektif apabila
materi yang disajikan guru dapat diserap oleh siswa. Upaya yang dapat dilakukan
untuk membantu siswa memahami materi adalah dengan media yang menarik,
penggunaan media tidak lain adalah untuk mengurangi verbalisme agar siswa mudah
memahami media ajar yang disajikan. Salah satu media yang banyak digunakan
dalam proses pembelajaran adalah media SketchUp ,
SketchUp merupakan media tiga dimensi
untuk membuat atau mendesain objek tiga dimensi dengan perbandingan panjang,
lebar, maupun tinggi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil
belajar antara siswa yang menggunakan media SketchUp
dan tidak menggunakan mediasketchup ,
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan media SketchUp , dan untuk mengetahui kelayakan media SketchUp.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Noneequivalent Control Group Design .
Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2018/2019 di SMK Negeri 1
Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI DPIB 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat
perlakuan menggunakan media SketchUp
dan kelas kontrol tidak mendapat perlakuan dengan media SketchUp . Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes hasil
belajar, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan lembar keterlaksanaan
pembelajaran.
Hasil
belajar siswa kelas eksperimen rata-rata lebih besar daripada kelas kontrol
yaitu kelas eksperimen = 81 dan kelas kontrol = 74. Analisis uji hipotesis
menghasilkan t hitung > t tabel yaitu 3,110 > 2,005. Dengan demikian
maka, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan
media SketchUp dan dengan kelas
kontrol yang tidak menggunakan media SketchUp dapat
meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih aktif dalam mengikuti
pembelajaran dikelas. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli
menunjukkan presentase kelayakan sebesar 85% dengan kualitatif sangat layak.
Keterlaksanaan pembelajaran dengan media SketchUp
ini diidentifikasikan melalui kegiatan mengajar guru yang diperoleh sebesar 89%
dengan kualitatif sangat baik.
Kata Kunci : SketchUp ,
Model Pembelajaran Langsung, Hasil
Belajar Siswa, Keterlaksanaan Pembelajaran, Kelayakan Media.