Pengembangan Media Ceria Bersama (Cerita Gambar Bertemakan Peduli Sesama) untuk Penguatan Karakter Peduli Sesama Siswa di Sekolah Dasar
Profil pelajar pancasila mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam pembentukan karakter peserta didik. Salah satu dari nilai karakter adalah karakter peduli sosial. Sebagai makhluk sosial, masing-masing individu seharusnya mempunyai karakter sosial. namun, di era sekarang banyak orang yang mempunyai sifat egois dan individualis. Seperti halnya di sekolah terdapat beberapa siswa yang kurang memiliki sikap peduli sosial terhadap sesama. Oleh karena itu, membutuhkan suatu hal untuk penguatan karakter siswa. salah satu upayanya adalah diimplementasikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini mengembangkan media pembelajaran ceria bersama (cerita gambar bertemakan peduli sesama) untuk memberikan solusi yakni menguatkan karakter peduli sesama siswa di sekolah dasar.
Penelitian dan pengembangan media Ceria Bersama bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, melakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Ceria Bersama untuk penguatan karakter peduli sesama siswa di sekolah dasar. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan 5 tahapan dari model ADDIE yakni analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 22 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa instrumen angket dan instrumen validasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni uji validasi media memperoleh persentase sebesar 89,23%. Hasil uji validasi bahasa sebesar 93,3%. Hasil uji validasi materi sebesar 88,3%. Hasil angket peserta didik sebesar 83,35%. Hasil angket pendidik sebesar 91,57%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media Ceria Bersama sangat valid dan praktis untuk digunakan pada media pembelajaran penguatan karakter peduli sesama siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata kunci: pengembangan, media ceria bersama, karakter peduli sesama.
The profile of Pancasila students has a very important role in the world of education, especially in the formation of the character of students. One of the character values is the character of social care. As social beings, each individual should have a social character. However, in today’s era many people are selfish and individualistic. Like in school there are some students who lack a socially caring attitude towards pthers. Therefore, it requires something to strengthen student character. One of the efforts is implemented in a learning activity. In this study, we developed cheerful learning media (picture stories with theme of caring for others) to provide a solution, namely strengthening the character of caring for fellow students in elementary schools.
The research of development of Ceria Bersama media aims to explain the development process. To test the validity, praticality, and effectiveness of Ceria Bersama media to strengthen the caring character of fellow students in elementary schools. This research and development uses 5 stages of the ADDIE mode, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects used in this study were fourth grade elementary school students, totaling 22 students. In this study using instruments in the form of questionnaires and validation instruments. The results obtained in this study, namely the media validation test, obtained a percentage of 89,23%. The result of the language validation test were 93,3%. The results of the material validation test were 88,3%. The result of the student questionnaire were 83,35%. The results of the educator’s questionnaire were 91,57%. These results indicate that the Ceria Bersama media is very valid and practical to use in learning media to strengthen the character of caring for fellow grade IV elementary school students.
Keywords: development, ceria bersama media, caring character.