PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MENGANTI SERTA PENANGANANNYA OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama : Setyo Budi Utomo
NIM : 15010014063
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
Pelanggaran tata tertib sekolah adalah suatu permasalahan yang masih sering terjadi di dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kasus pelanggaran tata tertib juga masih sering ditemui di SMA Negeri 1 Menganti, oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan tujuan untuk mencari tahu secara mendalam tentang bentuk pelanggaran, faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, dan upaya penanganan yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah adalah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Menganti. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelanggaran tata tertib yang sering terjadi adalah pelanggaran atribut, pelanggaran kerapian, datang terlambat, dan membolos. Faktor penyebabnya adalah faktor internal, faktor lingkungan sekolah, faktor teman, dan faktor keluarga. Dampak yang ditimbulkan adalah siswa menjadi pribadi yang tidak disiplin, kurang percaya diri, perasaan bersalah, menghindar dari lingkungan sosial, dan penurunan akademik. Upaya penanganan guru Bimbingan dan Konseling adalah dengan memberikan sosialisasi, konseling individu, dan kunjungan rumah.
Kata kunci : pelanggaran tata tertib, siswa
VIOLATION OF SCHOOL DISCIPLINE 10TH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 MENGANTI AND TREATMENT BY GUIDANCE AND COUNSELING TEACHER
Advisor : Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
Institution Name : State University of Surabaya
Faculty : Education
Department : Guidance and Counseling
Study Program : S-1 Guidance and Counseling
Student Registration Number : 15010014063
Name : Setyo Budi Utomo
Violation of school discipline is a problem that still often occurs in the world of education in Indonesia. Cases of disciplinary violations are often found in SMAN 1 Menganti, therefore researchers want to conduct research with the aim to find out in depth about the forms of violations, casual factors, the impact, and the treatment efforts carried out by Guidance and Counseling theacher. This type of this research is qualitative with descriptive method. The form of this research used is a case study. The data collection tool that used interview, observations, and documentation study. The subjects in this study were 10th grade students at SMAN 1 Menganti. The data analysis technique that used is triangulation.
the results of this study indicate that the form of order violations that often occur are violations of attributes, violations of tidiness, late, and skipping truants. The causes are internal factors, school environmental factors, friends factors, and family factors. The impact is that students become undisciplined, lack confidence, feeling guilty, avoid social environment, and academic degradation. The efforts to handle Guidance and Counseling teachers are to provide socialization, individual counseling, and home visits
Keywords : violation of school discipline, student