Seiring dengan era perdagangan bebas yang sudah terjadi di Indonesia saat iniĀ mendorong pemerintah Indonesia untuk lebih terbuka dengan masuknya perusahaan asing, termasuk di bidang teknologi yakni smartphone. Bagi sebagian masyarakat Indonesia barang-barang dari negara yang lebih maju menjadi salah satu daya tarik tersendiri, dimana sebuah produk akan dinilai positif maupu negatif darimana produk tersebut berasal, salah satunya adalah produk smartphone merek Oppo yang berasal dari China. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membahas tentang pengaruh country of origin dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo (Studi pada pengunjung di WTC Surabaya).
Responden dalam penelitian ini yaitu berusia minimal 19 tahun, pengguna smartphone, dan sedang berada di WTC Surabaya. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan judgemental sampling . Sampel yang digunakan sebanyak 165. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 18.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Along with the era of free trade that has taken place in Indonesia today, it is encouraging the Indonesian government to be more open with the entry of foreign companies, including in the field of technology, namely smartphones. For some Indonesians, goods from more developed countries are one of the main attractions, where a product will be rated as positive or negative from where the product originates, one of which is the Oppo brand smartphone product from China. The purpose of this study was to analyze and discuss the influence of country of origin and perceived quality on Oppo's smartphone purchasing decisions (Studyon visitors in Surabaya WTC).
Respondents in this study were at least 19 years old, smartphone users, who were at WTC Surabaya. The method of determining the sample is non probability sampling and the sampling technique uses judgmental sampling. The sample used was 165. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis with SPSS 18 program.
The results showed that country of origin has positive influence on purchasing decisions, and quality perception are a positive influence on purchasing decisions.