Profil Fleksibilitas Siswa dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Varibel
Profile of Students Flexibility in One Variable Linear Equations Solving
Fleksibilitas adalah kemampuan untuk menyelesaian soal menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian dan kemampuan dalam memilih prosedur yang paling tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil fleksibilitas siswa dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Tiga siswa SMP Negeri 47 Surabaya kelas VIII dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini dengan kriteria satu siswa dapat menyelesaikan soal dengan satu cara, satu siswa dapat menyelesaikan soal dengan dua cara, satu siswa dapat menyelesaikan soal dengan tiga cara. Instrumen yang digunakan berupa peneliti, soal tes, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung memilih metode penyelesaian yang biasa digunakan untuk menyelesaian soal meskipun telah memperoleh pengalaman tentang metode alternatif. Cara penyelesaian yang dipilih sebagai cara yang paling tepat adalah cara yang biasa digunakan walaupun mengetahui ada cara penyelesaian lain yang lebih efektif. Hal tersebut dikarenakan siswa memilih untuk menggunakan cara yang telah mereka pahami untuk menghindari kebingungan.
Flexibility are the ability to solve problems using more than one solution and the ability to choose the most appropriate procedure. This study aims to describe the profile of students' flexibility in solving one variable linear equations. Three students of class VIII SMP Negeri 47 Surabaya were selected as subjects in this study with the criteria that one student could solve the problem in one way, one student could complete the problem in two ways, one student could solve the problem in three ways. The instruments used were researcher, test, and interview guidelines. Data analysis was performed descriptively qualitatively through data reduction, data presentation, and making conclusions. The results showed students tend to choose the method of settlement commonly used to solve problems even though they have gained experience about alternative methods. The method of settlement was chosen as the most appropriate method is the method commonly used despite knowing other more effective solutions. That is because students choose to use ways they already understand to avoid confusion.