Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Nama
:
Luwilmi Sahefa Ashari
NIM
19080314042
Program Studi
S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas
Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, menganalisis kelayakan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, serta menganalisis respon peserta didik terhadap E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap develop saja karena tidak sampai mengukur keefektifan. Subjek uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII OTKP 1. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli kegrafikan serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli kegrafikan serta analisis angket respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan e-modul menggunakan metode 4D (define,design, develop, disseminate). E-modul dikembangkan dengan bantuan aplikasi website Heyzine Flipbook dan berisi materi yang sudah disesuaikan dengan silabus mata pelajaran otomatisasi humas dan keprotokolan. Hasil validasi ahli menunjukkan perolehan nilai validasi ahli materi dengan rata-rata skor perolehan sebesar 96,78% dengan kategori sangat kuat. Pada validasi ahli bahasa mendapatkan skor perolehan sebesar 97,14% dengan kategori sangat kuat. Pada validasi ahli kegrafikan mendapatkan skor perolehan sebesar 98,14% dengan kategori sangat kuat. Pada hasil respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 98,69% dengan kriteria interpretasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta mendapat respon yang baik dari peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Heyzine Flipbook, Humas dan Keprotokolan.
Development Of E-Module Based on Heyzine Flipbook in Public Relation and Protocol Automation Subject at SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Name
Study Program
S1 Office Administration Education
Faculty
Economics and Business
Name of Institution
State University of Surabaya
Advisor
This research aims to describe the development process of the Heyzine Flipbook Based E-Module in the Public Relations and Protocol Automation Subject at SMKN 2 Buduran Sidoarjo, analyze the feasibility of the Heyzine Flipbook Based E-Module in the Public Relations and Protocol Automation Subject at SMKN 2 Buduran Sidoarjo, and analyze the response students towards the Heyzine Flipbook Based E-Module in the Public Relations and Protocol Automation Subject at SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
This type of research is R&D with a 4D development model which consists of four stages, namely the definition stage, design stage, development stage and disseminate stage. However, this research was only carried out at the development stage because it did not measure effectiveness. Limited trial subjects were carried out on 20 students in class The data analysis technique uses validation analysis from material experts, language experts and graphics experts as well as analysis of student response questionnaires.
The research results show that the e-module development process uses the 4D method (define, design, develop, disseminate). The e-module was developed with the help of the Heyzine Flipbook website application and contains material that has been adapted to the syllabus for public relations automation and protocol subjects. The expert validation results show that material expert validation scores were obtained with an average score of 96.78% in the very strong category. In validation, the linguist obtained a score of 97.14% in the very strong category. In validation, graphic experts obtained a score of 98.14% in the very strong category. In the response results, students got a percentage of 98.69% with very good interpretation criteria. So it can be concluded that the Heyzine Flipbook Based E-Module in the Public Relations and Protocol Automation Subject is suitable for use in learning and has received a good response from students.
Keywords: Development, E-Module, Heyzine Flipbook, Public Relations and Protocol.