Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik (Studi Pada Komunitas Carat di Surabaya)
The Impact of Content Marketing on Buying Decisions for Physical Albums (Studies in Carat Community Surabaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian album fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penggemar boygroup Seventeen yang tergabung dalam Komunitas Carat di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 152 anggota Komunitas Carat di Surabaya yang diambil menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan paradigma positivistik. Paradigma positivistik dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat dalam sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data didapatkan dari penyebaran angket atau kuisioner yang disebar pada penggemar boygroup Seventeen yang tergabung dalam komunitas Carat di Surabaya. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji daya beda item dengan Pearson Product Moment. Uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach, instrumen skala content marketing memiliki nilai reliabilitas sebesar 1,027 dan skala keputusan pembelian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,871. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing memiliki pengaruh sebesar 0,350 atau 35% terhadap keputusan pembelian album fisik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara content marketing terhadap keputusan pembelian album fisik pada Komunitas Carat di Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literasi dan referensi terkait pengetahuan content marketing yang merupakan bagian dari komunikasi pemasaran pada mahasiswa, instansi dan perguruan tinggi, maupun masyarakat umum.
Kata Kunci: Content Marketing, Keputusan Pembelian, Album Fisik
This research aims to find out the effect between content marketing and physical album buying decision. The population in this research was all Seventeen fans who are joined the Carat Community in Surabaya. The samples in this research were Carat Community in Surabaya as many as 152 people taken using Slovin formula. This research is a quantitative study with the type of positivistic paradigm. Positivistic paradigm in this research aims to know correlation between cause-effect in social phenomena. The data collection techniques in this research uses questionnaires distributed to Seventeen fans who are joined the Carat Community in Surabaya. The validity test technique was analyzed using Pearson Product Moment. The reliability test in this research used the techniques of the Cronbach Alpha, content marketing instrument has a reliability value of 1,027 and buying decision instrument has a reliability value of 0,871. Data analysis technique in this research used Simple Linear Regression. The result of this research indicate that content marketing has an effect as many as 0,350 or 35% to physical album buying decision. Based on the results of data analysis, it can be concluded there is an effect between content marketing and physical album buying decision of Carat Community in Surabaya. This research is expected to be a literacy and reference related to content marketing which is part of marketing communications to students, universities, and society.
Keywords: Content Marketing, Buying Decision, Physical Album