Pelaksanaan Program Home Visit di TKIT KB Darush Sholihin Tanjunganom Kabupaten Nganjuk
Implementation of Home Visit Program at TKIT KB Darush Sholihin Tanjunganom Nganjuk Regency
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan home visit, dampak positif dan negatif, hambatan-hambatan yang dialami selama pelaksanaan program dan untuk memberikan motivasi atau rangsangan bagi para peserta didik agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan maksimal sesuai dengan tingkat perkembangan yang ingin dicapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis deskriptif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Untuk teknik analisis data yaitu meliputi kondensasi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa dalam penyelenggaraan program kegiatan home visit ini memiliki tiga tahapan yaitu (1) tahap perencanaan, dengan mempersiapkan rencana pembelajaran, melakukan pemetaan wilayah, meminta pendapat orang tua atau wali, mengelompokkan peserta didik serta membuat jadwal kunjungan, (2) tahap pelaksanaan, yaitu melakukan kunjungan ke rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan penyesuaian kegiatan pembelajaran dengan lingkungan rumah, kemudian yang terakhir (3) tahap evaluasi, format penilaian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah checklist, anekdot (penilaian perilaku), dan hasil karya kemudian dalam implementasi kegiatan memiliki dampak positif yaitu peserta didik memiliki kemajuan belajar yang baik dan maksimal dibanding dengan menggunakan sistem daring. Orang tua atau wali juga antusias dan memberi dukungan penuh terhadap penyelenggaraan program kegiatan ini mengingat mayoritas dari mereka memiliki kesibukan bekerja (workaholic) sehingga kegiatan home visit berjalan dengan lancar dan minim hambatan sesuai tujuan.
Kata Kunci: Home Visit, Orang Tua, Pembelajaran Daring.
Abstract: This study aims to describe the implementation of the home visit activity program, the positive and negative impacts, the obstacles experienced during the implementation of the program and to provide motivation or stimulation for students so that teaching and learning activities continue to run optimally according to the level of development to be achieved. This research uses qualitative research methods and descriptive types. As for the data collection methods in this study, namely in-depth interviews, participant observation and documentation. To test the validity of the data using the credibility test, transferability test, dependability test and confirmability test. Data analysis techniques include data condensation, data presentation and the last is drawing conclusions. The results obtained are that the implementation of this home visit activity program has three stages, namely (1) the planning stage, by preparing lesson plans, mapping the area, asking parents or guardians for opinions, grouping students and making visit schedules, (2) the implementation stage, namely making home visits while still complying with health protocols and adjusting learning activities to the home environment, then the last (3) evaluation stage, the assessment format used in this activity is a checklist, anecdotes (behavioral assessment), and the results of later work. the implementation of activities has a positive impact, namely students have good and maximum learning progress compared to using the online system. Parents or guardians are also enthusiastic and provide full support for the implementation of this activity program considering that the majority of them are busy at work (workaholics) so that home visit activities run smoothly and have minimal obstacles according to their goals.
Keywords: Home Visit, Parents, Online Learning.