PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI ENZIM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS
Development of Student Activity Sheet (E-LKPD) Guided Inquiry Based on Enzym to Train Critical Thinking Skills
Perkembangan ilmu teknologi khususnya pendidikan memiliki tantangan yang dapat diatasi dengan keterampilan abad ke-21 yang bercirikan 4C. Berfikir kritis merupakan salah satu keterampilan dalam 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa guided inquiry adalah model pembelajaran yang tepat untuk melatih keterampilan berfikir kritis yaitu interpretasi, inferensi, eksplanasi, analisis dan evaluasi. Materi enzim bersifat kompleks sehingga diperlukan adanya praktikum untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis guided inquiry yang valid, praktis, dan efektif pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode validasi, observasi, tes, dan angket respon. Pada E-LKPD, validasi diperoleh dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan diperoleh dari pengamatan aktivitas peserta didik selama menggunakan E-LKPD, keefektifan diperoleh dari hasil belajar keterampilan berfikir kritis dan respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas E-LKPD mendapatkan skor sebesar 96,5% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 3 Surabaya dan memperoleh skor sebesar 97,3% dengan kategori sangat praktis, serta ketercapaian indikator berfikir kritis memperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik memperoleh skor sebesar 96% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD berbasis guided inquiry pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis dinyatakan valid, praktis dan efektif sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: E-LKPD, guided inquiry, keterampilan berfikir kritis, enzim.
The development of science and technology, especially education, has challenges that can be overcome with 21st-century skills characterized by 4Cs. Critical thinking is one of the skills in the 4Cs. The results showed that guided inquiry is the right learning model to practice critical thinking skills, namely interpretation, inference, explanation, analysis, and evaluation. Enzyme material is complex so there is a need for a practicum to train students' critical thinking skills. The purpose of this study is to produce a guided inquiry-based E-LKPD that is valid, practical, and effective on enzyme material to train students' critical thinking skills. This type of development research uses a 4D model (define, design, development, and disseminate). The methods used to collect data are validation, observation, test, and response questionnaire methods. In E-LKPD, validation is obtained from the results of validation by validators, practicality is obtained from observing student activities while using E-LKPD, effectiveness is obtained from learning outcomes of critical thinking skills and student responses. The data were analyzed descriptively quantitatively. Based on validity results, E-LKPD get 96.5% score which’s very valid category. Practicality trials were carried out on 20 students of class XII MIPA 4 SMAN 3 Surabaya and obtained 97.3% score which’s very practical category, and reaching of of critical thinking indicators obtained 92.5% score which’s very good category and student responses obtained 96% score which’s very effective category. Based on these results, guided inquiry-based E-LKPD on enzyme material to train critical thinking skills is declared valid, practical, and effective as a learning resource.
Keywords: E-LKPD, guided inquiry, critical thinking skills, enzym