PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK TUNAGRAHITA
PROJECT BASED LEARNING FOR DEVELOPMENT VOCATIONAL SKILL CHILDREN WITH MENTALLY RETARDATION
Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Metode yang dipakai pada artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan cara mengkaji berbagai penelitian yang relevan melalui pencarian artikel jurnal penelitian. Artikel yang digunakan merupakan nasional maupun internasional yang didapatkan dari Google Schoolar, Atlantis Press, E-JUPEkhu, dan Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Pengumpulan jurnal dipilih berdasarkan ketentuan artikel yang terbit pada tahun 2012-2022 dan referensi berkaitan dengan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Berdasarkan hasil analisis studi kepustakaan menujukan: 1) hasil project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita, 2) peran guru dalam memodifikasi project based learning untuk diterapkan pada anak tunagrahita dalam pengembangan vokasional, dan 3) kelebihan serta kekurangan penggunaan project based learning jika diterapkan pada anak tunagrahita untuk pengembangan keterampilan vokasional. Artinya bahwa Project based learning berpotensi mengembangkan keterampilan vokasional dari kemampuan awal siswa hingga menuju kemandirian anak tunagrahita.
Kata Kunci: Project based learning, Keterampilan vokasional, Tunagrahita.
This study describe project based learning on development skills vocational child mental retardation . The method used in the article this use studies literature with method study various relevant research through search article journal research . Articles used is national or international earned from Google Schoolar, Atlantis Press, E -JUPEkhu, and Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Collection journal chosen based on provisions articles published in 2012-2022 and reference related with project based learning for development skills vocational on children with mental retardation . Based on results analysis studies literature to 10 journals , showing : 1) results application project based learning for development vocational skills child mental retardation, 2) the teacher 's role in modify project based learning to be effective applied to children mentally disabled in development vocational, and 3) advantages as well as deficiency use project based learning if applied to children mentally disabled for development skills vocational. Application project based learning shows an increase in vocational skills from students' initial abilities to abilities after being given treatment.
Keywords: Project based learning, Vocational skill, Mental retardation.