Peneliti menawarkan salah satu cara penerapan metode permainan Treasure Hunt yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa terhadap pembelajaran serta melatih siswa untuk menyampaikan pendapat, sanggahan dalam kelompok kecil maupun kelompok besar untuk menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil wawancara di 3 sekolah dan observasi di SDN Kebraon I/436 Surabaya di kelas IV, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sudah terlalu sering digunakan sehingga siswa merasa cepat bosan terhdap kegiatan pembelajaran dan kurangnya motivasi belaharserta keterampilan komunikasi siswa masih rendah. Hal ini terlihat pada saat siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa kesulitan memberikan pendapat dalam diskusi kelompok. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan keterampilan komunikasi siswa. untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian mengenai pengaruh metode permainan Treasure Hunt terhadap keterampilan komunikasi dalam materi siklus hidup hewan siswa kelas IV SDN Kebraon I/436 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental nonequivalent control group design yaitu menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Langkah awal pemberian pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal di kedua kelas, kemudian diberikan treatment berupa metode permainan Treasure Hunt pada kelas eksperimen dan metode diskusi pada kelas kontrol. Kemudian pelaksanaan post-test di kelas kontrol dan eksperimen untuk mengetahui keadaan akhir kedua kelas. Penilaian sikap dan keterampilan komunikasi dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung melalui observasi, kegiatan tersebut berupa diskusi kelompok dan presentasi di depan kelas. Hasil uji t-test pada data hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen adalah > yaitu 4,243 > 1,71387. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data dari kedua kelas tersebut diperoleh nilai yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut berdasarkan pada hasil penilaian sikap dan keterampilan komunikasi yang menunjukkan bahwa, jika siswa aktif dalam kegiatan diskusi maka nilai post-test mereka tinggi, begitu juga sebaliknya jika siswa tidak aktif dalam berdiskusi maka nilai post-test juga rendah. Penilian aktivitas siswa dilakukan melalui observasi dengan kriteria yang disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran. Dalam metode permainan Treasure Hunt siswa diberikan tanggungjawab dan dituntut untuk beraktivitas untuk menyelesaikan permainan, sehingga siswa dalam kelompok akan melakukan komunikasi dalam kelompoknya untuk memenangkan permainan. Dengan demikian metode permainan Treasure Hunt berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa dalam materi siklus hidup hewan.
Kata Kunci: metode permainan treasure hunt, keterampilan komunikasi, siklus hidup hewan
The researcher offered one method of applying the Treasure Hunt game method that intend to improve student’s communication skills towards learning and practice students to express their opinions, refute in small groups and large groups to foster student’s communication skills so that student learning outcomes can improve. Based on the results of interviews in 3 schools and observations at the Kebraon I / 436 Surabaya Elementary School in grade IV, the learning methods used by the teacher have been used too often so students feel bored quickly in learning activities and lack of motivation and students' communication skills are still low. This can be seen when students carry out learning activities, students have difficulty giving opinions in group discussions. These conditions affect the learning outcomes of science and student communication skills. to overcome this problem, the researchers conducted a study on the effect of the Treasure Hunt game method on communication skills in the material life cycle of animal class IV SDN Kebraon I / 436 Surabaya. The method used in this study was quasi experimental nonequivalent control group design, which used two classes as samples, namely the experimental class and the control class. The first step is to give a pre-test to find out the initial knowledge in both classes, then given a treatment in the form of the Treasure Hunt playing method in the experimental class and discussion method in the control class. Then the implementation of the post-test in the control class and experiment to determine the final state of the two classes. Assessment of communication attitudes and skills is carried out when the learning activities take place through observation, these activities are in the form of group discussions and presentations in front of the class. The results of the t-test on the data on the learning outcomes of the control class and experimental students are > which is 4.243 > 1.71387. This shows a significant difference in the results of the post-test experimental and control classes. The results of data analysis from both classes obtained values that showed a significant increase in the value of the post-test experimental class and the control class. This is based on the results of the assessment of attitudes and communication skills which indicate that, if students are active in discussion activities, their post-test scores are high, and otherwise if students are not active in discussions then the post-test scores are also low. Assessing student activity is done through observation with criteria that are adjusted to the steps of learning. In the Treasure Hunt game method students are given responsibility and are required to move to complete the game, so students in the group will communicate within the group to win the game. Therefore the Treasure Hunt game method influences student’s communication skills in the life cycle of animals material.
Keywords: Treasure Hunt game method, communication skills, animal life cycle.