ANALISIS KESULITAN MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS X DKV SMKN 13 SURABAYA
Menggambar bentuk merupakan salah satu materi yang dipelajari di kelas X DKV SMK Negeri 13 surabaya. Namun pada materi tersebut siswa sering kali terlihat mengalami kesulitan dalam membuatnya, hal tersebut ditandai dengan pengumpulan tugas yang melebihi batas waktu yang ditentukan serta banyaknya siswa yang nilainya dibawah Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yaitu 75. Maka permasalahan penelitian dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimanakah kesulitan menggambar bentuk siswa kelas X jurusan DKV SMK Negeri 13 Surabaya?. (2) Apakah penyebab kesulitan menggambar bentuk siswa (3) Bagaimanakah solusi untuk mengatasi kesulitan menggambar bentuk?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan, hasil penelitian ditemukan bahwa siswa lebih banyak mengalami kesulitan pada aspek ketepatan bentuk (proporsi dan perspektif) dan warna (gelap terang). Berdasarkan hasil kuisioner, kesulitan tersebut paling besar disebabkan faktor internal yaitu kebiasaan siswa yang jarang berlatih menggambar diluar jam pelajaran sekolah sebesar 66,7%. Minat dan bakat juga cukup berpengaruh dalam penyebab kesulitan menggambar bentuk. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru, kesulitan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode drill (latihan berulang), metode tersebut dipilih berdasarkan penyebab kesulitan menggambar yang ditemukan.
Kata Kunci : Kesulitan, faktorpenyebab kesulitan, menggambar bentuk.
Drawing shapes is one of the materials studied in class X DKV SMK Negeri 13 Surabaya. However, in this material, students often seem to have difficulty in making it, this is indicated by the collection of assignments that exceed the specified time limit and the number of students whose scores are below the Minimum Completeness Criteria (KKM) which is 75. So the research problem is formulated as follows (1) How have difficulty drawing the shape of class X students majoring in DKV at SMK Negeri 13 Surabaya?. (2) What are the causes of students' difficulties in drawing shapes? (3) What is the solution to overcome the difficulties in drawing shapes?. This research is a type of qualitative descriptive research. The technique used in collecting data is using observation, questionnaires, interviews and documentation. From the data collected, the results of the study showed that students had more difficulties with aspects of shape accuracy (proportion and perspective) and color (dark light). the biggest cause of students experiencing difficulties from the results of the questionnaire is the internal factor, namely the habit of students who rarely practice drawing outside school hours by 66.7%. Interests and talents are also quite influential in causing difficulties in drawing shapes. the solution found from the results of discussions with the teacher was to use the drill method (repeated exercise), the method was chosen based on the causes of the difficulty in drawing found.
Keywords: Difficulty, causes of difficulty, drawing shapes.