PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL OrSAEv BERBASIS ROLE-PLAYING TERHADAP KESIAPAN MITIGASI BENCANA BANJIR, KECEMASAN DAN KENYAMANAN SISWA SMP
DEVELOPMENT OF OrSAEv MODEL LEARNING MATERIALS BASED ON ROLE-PLAYING OF AGAINST FLOOD DISASTER MITIGATION PREPAREDNESS, ANXIETY AND ENJOYMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
model OrSAEv berbasis role-playing pada materi mitigasi bencana yang layak
untuk meningkatkan kesiapan mitigasi bencana banjir, mengetahui kecemasan dan
kenyamanan pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat
pembelajaran dengan model pengembangan 4D (define, design, develop,
disseminate). Subjek penelitian berjumlah 4 kelas pada siswa kelas VII di MTs
Miftahul Huda Kec. Baureno, Bojonegoro. Instrumen penelitian yang digunakan
meliputi: lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar observasi
aktivitas siswa, soal tes dan angket. Teknik pengumpulan data digunakan metode
validasi, observasi, tes dan angket. Analisis hasil validasi menggunakan jumlah
skor dibagi banyaknya butir pernyataan, keterlaksanaan pembelajaran digunakan
IJA, dilakukan uji homogenitas, normalitas, paired t-test, n-gain, untuk mengetahui
tingkat kenyamanan dan kecemasan digunakan analisis jumlah skor yang diperoleh
dibagi skor maksimal x 100. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak.
Keterlaksanaan RPP 85,7-100%, Siswa merespon positif terhadap pembelajaran
yang dilakukan, hasil belajar mengalami peningkatan, ketrampilan membuat poster
berkategori baik, ketrampilan mitigasi bencana kriteria cukup baik, namun siswa
merasakan tidak nyaman terlihat dari kurangnya fokus simulasi dan merasa cemas
terlihat dari kegiatan fisik yang dilakukan.
This study aims to produce a OrSAEv model learning materials based on
role-playing for appropriate disaster mitigation to improve flood disaster mitigation
preparedness, identify anxiety and enjoyment in junior high school. This type of
research is the development of learning materials with 4D (define, design, develop,
disseminate) model. The research subjects were 4 classes in class VII students at
MTS Miftahul Huda Kec. Baureno, Bojonegoro. The research instruments used:
validation sheets, lesson plan implementation observation sheets, student activity
observation sheets. Data collection techniques used validation methods,
observation, tests and questionnaires. The validation analysis uses the total score
divided by the number of statement items, the implementation of learning is used
IJA, homogeneity, normality, paired t-test, n-gain test, to determine the level of
anxiety and enjoyment, the analysis of the number of scores obtained is divided by
the maximum score x 100. Based on the research results, it shows that the learning
tools developed are valid and feasible. The implementation of RPP is 85.7-100%,
students respond positively to the learning carried out, learning outcomes have
increased, the skills for making posters are in good category, the criteria for disaster
mitigation skills are quite good, but students feel uncomfortable seen from the
simulation and feel anxious seen from the physical activities they do.