IMPLEMENTASI STRATEGI PEMSARAN PADA BIRO PERJALANAN
UMRAH DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH
IMPLEMENTATION OF MARKETING STRATEGY ON TRAVEL UMRAH IN SHARIAH MARKETING PERSPECTIVE
Peningkatan pendaftar haji di Indonesia setiap tahun menyebabkan antrean haji semakin
panjang yang menjadikan peluang bagi travel haji dan umrah. Namun terdapat sebagian
perusahaan yang kurang bertanggungjawab dalam menjalankan usahanya, sehingga
menjadikan sebagian orang kurang percaya pada travel haji dan umrah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran biro perjalanan umrah dalam
perspektif pemasaran syariah. Strategi pemasaran tersebut perlu dilakukan guna
meningkatkan kepercayaan pada calon pelanggan. Strategi pemasaran yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu bauran pemasaran 9p+c (product, price, place, promotion,
people, process, physical evidence, promise, patience, customer centrism). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada PT. Nur
Dhuha Wisata di Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan strategi
pemasaran yang dilakukan oleh PT.Nur Dhuha wisata telah sesuai dengan prinsip
pemasaran syariah yang terdiri dari pinsip ketauhidan atau ketakwaan, prinsip kesatuan
manusia atau keadilan, serta prinsip keyakinan akan kesatuan dunia dan akhirat .
The increase in Hajj registrants in Indonesia every year causes the pilgrimage queue to
be longer which makes opportunities for Hajj and Umrah travel. However, there are
some companies that are less responsible in conducting their business, so that makes
some people lack trust in the Hajj and Umrah travel. This study aims to know the
marketing strategy aplication of Umrah Travel Agency based on the perspective of sharia
marketing. This marketing strategy needs to be carried out in order to increase the trust
of prospective customers. The marketing strategies used in this research are the
marketing mix of 9p + c (product, price, place, promotion, people, process, physical
evidence, promise, patience, customer centrism). This study uses a descriptive qualitative
approach with the case study method at PT. Nur Dhuha Wisata in Surabaya. The
technique of data collecting uses interview, observation, and documentation. Based on
the results of the study, the implementation of the marketing strategy undertaken by PT.
Nur Dhuha Wisata has been appropriate with the principles of sharia marketing which
consists of the principle of monotheism or piety, the principle of human unity or justice,
and the principle of belief in the unity of the world and the hereafter.