ABSTRAK
Achmad Wardana. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan TGT Terhadap Karakter Kepedulian Sosial dan Kejujuran Berdasarkan Gender Pada Pembelajaran PJOK. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Anung Priambodo, M. Psi.T., (II) Dr. Made Pramono, S.S., M.Hum.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, TGT, Gender, Kepedulian Sosial, Kejujuran, Pembelajaran PJOK.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1)Adakah perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan TGT terhadap karakter kepedulian sosial pada pembelajaran PJOK; (2) Adakah perbedaan tingkat karakter kepedulian sosial peserta didik gender laki-laki dan perempuan pada pembelajaran PJOK; (3) Adakah perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan TGT terhadap karakter kejujuran pada pembelajaran PJOK; (4) Adakah perbedaan tingkat karakter kejujuran peserta didik gender laki-laki dan perempuan pada pembelajaran PJOK.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan XI IPA 4 SMA Trimurti Surabaya menggunakan model pembelajaran TGT Tahun pelajaran 2017/2018. Karakter kepedulian sosial dan kejujuran peserta didik diukur menggunakan instrumen angket karakter kepedulian sosial dan kejujuran. Data yang dikumpulkan ketika pretest dan posttest diolah dengan SPSS 16 menggunakan analisis uji two-way anova factorial.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil postest yakni rata-rata nilai kepedulian sosial kelompok kelas Jigsaw laki-laki (142,60) dan perempuan (136,86), serta rata-rata nilai kepedulian sosial kelompok kelas TGT laki-laki (139,76) dan perempuan (138,93). Sedangkan rata-rata nilai kejujuran kelompok kelas Jigsaw laki-laki (74,10) dan perempuan (72,07), serta rata-rata nilai kejujuran kelompok kelas TGT laki-laki (77,29) dan perempuan (77,60). Dari hasil uji two-way anova factorial hasilnya dapat disimpulkan yakni (1) Tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw dan TGT terhadap karakter kepedulian sosial pada pembelajaran PJOK; (2) Tidak terdapat perbedaan tingkat karakter kepedulian sosial peserta didik gender laki-laki dan perempuan pada pembelajaran PJOK; (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw dan TGT terhadap karakter kejujuran pada pembelajaran PJOK, (4) Tidak terdapat perbedaan tingkat karakter kejujuran peserta didik gender laki-laki dan perempuan pada pembelajaran PJOK.
ABSTRACT
Achmad Wardana, 2019. The effects of a Cooperative Learning Type Jigsaw and TGT toward Character Social Caring, and Honesty based on Gender in learning PJOK. Thesis. Study Program of Sport Education, Post Graduate State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Anung Priambodo, M. Psi.T., (II) Dr. Made Pramono, S.S., M.Hum.Keywords: Cooperative Learning Models, Jigsaw, TGT, Gender, Character Social Caring, Honesty, Learning PJOK.This study aims to examine (1) there is a significant difference in influence between cooperative learning model Jigsaw and TGT toward character social caring in PJOK learning, (2) theres is a difference in the level of character social caring for male and female gender students in PJOK learning, (3) there is a significant difference in influence between cooperative learning model Jigsaw and TGT toward character honesty in PJOK learning, (4) theres is a difference in the level of character honesty for male and female gender students in PJOK learning.The type of research used is experiment with factorial design. As the research is to grade student class XI sains 1 used learning models Jigsaw and XI sains 4 SHS Trimurti Surabaya used learning models TGT in academic year of 2017/2018. Students character social caring and honesty was measured with character social caring and honesty questionnaire instrument. The data was collected when pretest an posttest were processed by SPSS 16 using two-way anova factorial test analysis.The research showed that the average value character social caring of Jigsaw class of male group (142,60), while the average of female group was (136,60). The average value social caring of TGT class of male group (139,76) and female group (138,93). And the average value honesty of Jigsaw class of male group (74,10) and female group (72,07), and then the average honesty of TGT of male group (77,29) and female group (77,60). Based on the two way-anova factorial test the result it can be concluded that (1) there is no significant difference between the influence of the cooperative learning model Jigsaw and TGT toward character social caring in PJOK learning, (2) theres is no difference in the level of character social caring between male and female student in PJOK learning, (3) there is a significant difference between the influence of the cooperative learning model Jigsaw and TGT toward character honesty in PJOK learning, (4) theres is no difference in the level of character honesty between male and female student in PJOK learning.