Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Chemiclife pada materi ikatan kimia yang ditinjau dari validitas isi dan konstruk yang diperoleh dari hasil validasi dosen dan guru kimia, kepraktisan diperoleh dari observasi aktivitas dan respon peserta didik dan kepraktisan diperoleh dari ketuntasan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran) untuk penelitian ini tahapan penyebaran tidak dilakukan. Media Chemiclife diuji cobakan terhadap 12 peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Geger Madiun. Hasil penelitian dari media Chemiclife menunjukkan media layak digunakan, hal ini dibuktikan dari validitas isi yang memperoleh rentang persentase antara 80,00% - 93,33% sedangkan validitas konstruk yang terdiri dari kriteria bahasa dan peyanjian memperoleh rentang persentase antara 80,00% - 86,67% dan 80,00% - 93,33% dengan hasil valid dan sangat valid. Kepraktisan media yang ditinjau dari observasi aktivitas memperoleh persentase 100% untuk tiap-tiap aktivitas artinya aktivitas telah terlaksana dengan baik dan respon peserta didik memperoleh rentang persentase antara 83,33% - 100% dengan hasil sangat praktis. Keefektif media ditinjau dari ketuntasan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik maka semua peserta didik dinyatakan tuntas dengan nilai posttest ≥ 75 sedangkan ditinjau dari peningkatan hasil belajar menggunakan nilai n-gain 75% peserta didik berada pada kriteria tinggi dan 15% lainnya berada pada kriteria sedang.
Kata kunci: media Chemiclife, ikatan kimia, kelayakan media Chemiclife
Study aims to determine the feasibility of Chemiclife media on chemical bond material that is reviewed from the content and construct validity obtained from observing the activities and responses of students and practicality obtained from completeness and improving student learning outcomes. This research use 4D model (Define, Design, Develop and Disseminate) for this study the stages of dissemination have not been carried out. Chemiclife Media was tested on 12 students of XI MIA 2 class of Senior High School 1 Geger Madiun. The results of the Chemiclife media show that the media is feasible to use, this is evidenced by the content validity which gets percentage range between 80.00% - 93.33% while the construct validity consisting of language and presentation criteria get percentage range between 80.00% - 86.67% and 80.00% - 93.33% in the valid and highly valid criteria. The practicality of the media in terms of observation of activities gets a percentage of 100% for each activity, meaning that the activities have been carried out properly and the responses of students gets percentage range between 83.33% - 100% in the highly practice criteria. The effectiveness of the media in terms of completeness and improvement of student learning outcomes. Based on the completeness of student learning outcomes, all students were declared complete with a posttest value of ≥ 75 while in terms of increasing learning outcomes using n-gain values 75% of students were in high criteria and 15% were in the high enough criteria.
Keywords: Chemiclife media, chemical bonds, Chemiclife feasibility