Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat kasus nelayan yang mengalami kendala di propeller kapal miliknya dimana cepat mengalami korosi. Nelayan seringkali membawa cadangan propeller untuk mengganti propeller lamanya yang telah habis tergerus korosi hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Hampir sebagian besar nelayan mempunyai masalah yang serupa sehingga berspekulasi bahwa material propeller kurang bagus akibat kurangnya pengetahuan bengkel UKM yang bergerak dibidang pengecoran aluminium akan kekuatan dan struktur bahan. Maka dari itu melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya para nelayan, penulis ingin meningkatkan kualitas bahan propeller dengan proses quenching menggunakan media air garam dan membandingkannya dengan produk yang ada di pasaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah paduan Al6061 yang telah melalui proses quenching. Pengujian ini menggunakan Uji Mikrostruktur untuk melihat struktur mikro material. Hasil penelitian nilai laju korosi terendah didapatkan dari quenching dengan penambahan kadar NaCl sebesar 24% sebesar 1,1288mmpy menggunakan kecepatan putar 1250 rpm dan lama perendaman 168 jam yang mana pada propeller pasaran laju korosi memiliki besar 1.6777mmpy dengan lama perendaman dan kecepatan putar yang sama. Sehingga spesimen hasil perlakuan memiliki tingkat laju korosi 32,71% lebih rendah dari produk pasaran. Laju korosi yang terjadi setelah perlakuan mengalami penurunan akibat proses Aging yang membuat butir kristal pada spesimen mengecil dan jarak antar butir kristal menjadi lebih rapat disertai proses pendinginan cepat sehingga ketahanan aus pada spesimen yang diberikan perlakuan mengalami kenaikan. Lama perendaman dan variasi kecepatan putar pada saat pengujian juga mempengaruhi laju korosi paduan Al6061. Jika dibandingkan dengan produk di pasaran laju korosi yang telah diberi perlakuan mengalami penurunan laju korosinya. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai laju korosi dengan menambah variabel seperti temperature penelitian
Kata kunci: al6061, korosi, quenching, garam (NaCl), struktur mikro
The background of this research starts from looking at the cases of fishermen who experience problems in their ship propellers which quickly corrode. Fishermen often carry propeller reserves to replace old propellers that have been eroded by corrosion in just a few weeks. Most of the fishermen have similar problems so they speculate that the propeller material is not good due to the lack of knowledge of SME workshops engaged in aluminum casting in terms of strength and structure of materials. Therefore, looking at the problems that occur in the community, especially the fishermen, the writer wants to improve the quality of propeller materials by quenching using saltwater media and comparing them with products on the market. This research method uses quantitative and qualitative descriptive types. The material used in this study is Al6061 alloy which has been through a quenching process. This test uses a Microstructure Test to see the microstructure of the material. The results of the lowest corrosion rate values obtained from quenching with the addition of NaCl levels of 24% by 1.1288mmpy using a rotational speed of 1250 rpm and an immersion time of 168 hours which on the market propeller corrosion rate has a large 1.6777mmpy with the same immersion time and rotational speed. So the treated specimens have a corrosion rate of 32.71% lower than the market products. Corrosion rate that occurs after treatment has decreased due to the Aging process which makes the crystals in the specimen shrink and the distance between the crystals become more closely accompanied by a rapid cooling process so that the wear resistance of the specimens given treatment has increased. Soaking time and variations in rotational speed during testing also affect the corrosion rate of Al6061 alloys. When compared with products on the market the rate of corrosion that has been treated has decreased the rate of corrosion. Further research needs to be done about the rate of corrosion by adding variables such as research temperatures
Keywords: Al6061, corrosion, quenching, salt (nacl), microstructure