Persepsi Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa di SMKN 4 Surabaya
Students' Perception of Readiness Entering the World of Work at SMKN 4 Surabaya
Upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap menghadapi tuntutan dunia kerja, diwujudkan dengan adanya program praktik kerja industri yang diterapkan oleh sekolah menengah kejuruan dan pembekalan kemampuan pendukung. Dalam hal ini, SMKN 4 Surabaya melakukan kerja sama dengan Alfamart dalam mengadakan program prakerin kelas Alfa yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dan diawali dengan training secara online dan offline, serta penempatan di area yang berbeda untuk tiap siswa. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan program prakerin kelas Alfa serta penguasaan soft skill dapat mendorong kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pusposive sampling, di mana sejumlah 26 informan berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XII jurusan BDP SMKN 4 Surabaya yang mengikuti dan telah menyelesaikan prakerin kelas Alfa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII jurusan BDP di SMKN 4 Surabaya yang menyelesaikan prakerin kelas Alfa sudah siap memasuki dunia kerja karena telah mendapatkan pengalaman bekerja dan soft skill yang akan dibutuhkan saat bekerja nanti.
Efforts to produce human resources who are ready to face the demands of the world of work are realized through industrial work practice programs implemented by vocational high schools and the provision of supporting skills. In this case, SMKN 4 Surabaya is collaborating with Alfamart in holding an Alfa class internship program which is carried out for approximately 6 months and begins with online and offline training, as well as placement in different areas for each student. By referring to this phenomenon, the aim of this research is to find out whether the implementation of the Alfa class internship program and mastery of soft skills can encourage students' readiness to enter the world of work. This research adopted a qualitative approach by conducting interviews and documentation to obtain data. The sampling method used was a purposive sampling technique, where 26 informants were collected as research samples. The informants in this research were XII grade students majoring in BDP SMKN 4 Surabaya who took part in and have completed the Alfa class internship. The findings from this research show that XII grade students majoring in BDP at SMKN 4 Surabaya who completed the Alfa class internship are ready to enter the world of work because they have gained work experience and soft skills that will be needed when working later.