PENGARUH VIDEO BLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
THE EFFECT OF VIDEO BLOGGING AS LEARNING MEDIA FOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING SKILLS
Berbicara adalah keterampilan kedua yang dipelajari setelah mendengarkan, dan juga merupakan hal terpenting dalam komunikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ciri khas pendidikan abad ke-21 adalah integrasi teknologi ke dalam lingkungan belajar. Video blogging, sebuah kreasi konten multimedia kontemporer, telah muncul sebagai alat yang berpotensi transformatif dalam pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini terutama bertujuan untuk menemukan cara guru dalam menggunakan video blogging sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah menengah atas untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain pra-eksperimental. Berdasarkan desain penelitian, peneliti menggunakan desain sampel tunggal yaitu dengan memberikan tes berbicara kepada 36 siswa sebagai sampel penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Penelitian ini akan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan effect size untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan video blogging sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan berbicara siswa SMA. Peneliti menetapkan bahwa video blogging memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas sebelas SMA. Peneliti menyadari bahwa penelitian ini belum maksimal, ada kendala atau kekurangan yang ditemui selama prosesnya. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk menggeneralisasi temuan penelitian ini ke populasi yang lebih besar atau di tempat lain.
Speaking is the second skill learned after listening, and it is also the most important thing in communication that occurs in everyday life. One of the defining features of 21st-century education is the integration of technology into learning environments. Video blogging, a contemporary multimedia content creation, has emerged as a potentially transformative tool in education. Consequently, this study that mainly aims to find the teacher’s way of employing video blogging as learning media for senior high school students’ to know the effect for their speaking skills. This study is quantitative research and used pre-experimental design. Based on the research design, researcher using a single sample design is to give a speaking test for 36 students’ as a sample of this study. The research instruments used in this study is tests. This study will use validity test, normality test, hypothesis test, and effect size to know how far the effect of employing video blogging as learning media for high school students’ speaking skill. The researcher determined that video blogging has a significant influence on the speaking abilities of students in the eleventh grade of high school. The researcher realizes that this research has not been optimal, there are obstacles or shortcomings encountered during the process. Therefore, it is unlikely to generalize the findings of this study to a larger population or elsewhere.