ABSTRAK
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DI SMK Negeri 1 SURABAYA
Nama : Fitriya Dwi Antini
NIM : 15040254096
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Jurusan : Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Agus Satmoko Adi, S.S.,M.Si
Dampak Globalisasi mengakibatkan pudarnya Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama remaja. Pendidikan menjadi salahsatu pengaruh yang besar dalam implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada keputusannya nomor 63 tahun 2014 bekerjasama dengan Gerakan Pramuka Indonesia mengusung komitmen kuat terhadap penumbuh-kembangan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan/kecakapan sebagai insan dan warga negara Indonesia dalam konteks nilai dan moral Pancasila.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan impelementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kepramukaan oleh Gerakan Pramuka Sekolah Menengah Kejuruan 1 Surabaya. Lokasi Penelitian berada di SMK Negeri 1 Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan Observasi, Wawancara Mendalam dan Dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah Nilai-Nilai Pancasila yang tercermin dalam kegiatan Pendidikan Kepramukaan di Gerakan Pramuka SMKN 1 Surabaya meliputi nilai spiritual dalam kegiatan Jelajah Malam pada kegiatan pendidikan dan pelatihan calon penegak, nilai sosial pada kegiatan Longmarch dimana peserta terjun langsung dengan masyarakat, nilai persatuan pada kegiatan Kemah Festival Ekstrakurikuler yakni menjalin kerjasama intern maupun ekster antar ekstrakurikuler, nilai demokratis pada kegiatan Musyawarah Tingkat Penegak yang menyusun anggaran dasar kerumahtanggan secara bersama-sama untuk dicapainya mufakat ambalan dan nilai kesamaan pada kegiatan Latihan Mingguan tercermin pada pemilihan petugas upacara setiap siswa memiliki hak yang sama untuk berkontribusi dalam kegiatan.
Kata Kunci : Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan Kepramukaan.
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF PANCASILA VALUES IN POPULATION EDUCATION ACTIVITIES IN VOCATIONAL SCHOOL 1 SURABAYA
Name : Fitriya Dwi Antini
Study Program : S-1 Pancasila and Citizenship
Department Education : Moral Pancasila Education and State Citizenship
Faculty : Social Sciences and Law
Institutions : State University of Surabaya
Advisor : Agus Satmoko Adi, SS, M.Si
The impact of globalization has resulted in the fading of Pancasila Values in people's lives, especially adolescents. Education is one of the major influences in the implementation of Pancasila Values. The Ministry of Education and Culture in its decision number 63 of 2014 in collaboration with the Indonesian Scout Movement carries a strong commitment to the development of spiritual attitudes, social attitudes, and skills as Indonesian people and citizens in the context of Pancasila values and morals.
This research is a qualitative research using descriptive methods. The purpose of this study was to describe the implementation of Pancasila values through Scouting Education by the Scout Movement of SMKN 1 Surabaya. The research location was in Vocational High School 1 of Surabaya. Data was collected using observation, in-depth interviews and documentation. Data are analyzed through data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of this study are Pancasila Values which are reflected in Scouting Education activities at Scout Movement Vocational high school 1 of Surabaya covering spiritual values in Night Exploring activities in prospective enforcer education and training, social values in Longmarch activities where participants go directly with the community, the value of unity in activities Extracurricular Festival Camp that is to establish internal and external cooperation between extracurriculars, democratic values in Enforcement Level activities that compile a household statute together to achieve an ambalan consensus and the value of similarity in Weekly Exercise activities reflected in the selection of ceremonial officers each student has the same rights to contribute to activities.