Secara garis besar terdapat dua pola materi
pembelajaran bahasa di dunia yang ikut mewarnai materi pembelajaran bahasa di
Indonesia, yaitu pembelajaran dengan fokus utamanya pada bentuk (form) bahasa
dan pembelajaran dengan fokus utama pada fungsi (function) bahasa. Namun
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada meteri tentang teks cerita fabel, siswa
belum mampu mencapai nilai ketuntasan dengan metode dan media yang biasa
digunakan. Karena materi teks cerita
fabel merupakan teks yang memiliki struktur berupa orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.
Media yang diperlukan yaitu dalam bentuk tutorial karena teks cerita fabel diperlukan bimbingan dari
tahap per tahap untuk menjadi teks
fabel yang benar.
Tujuan penelitian ini, m engetahui
kelayakan media terkait peningkatan hasil belajar dan m engetahui keefektifan media terkait
peningkatan hasil belajar pada
teks cerita fabel pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Waru. Model
pengembangan yang digunakan adalah model Research
and Development yang meliputi 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba
pemakaian, revisi produk, produksi massal,
dimana tahapan dalam penelitian ini diawali
dengan pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan, merancang, mengembangkan
atau membuat media pembelajaran CAI, setelah itu diterapkan dan dilakukan tes
hasil belajar siswa.
Pengujian
produk dilakukan di SMPN 4 Waru pada siswa kelas VII, data-data penelitian dikumpulkan
dengan menggunakan instrumen wawancara, angket untuk mengetahui kelayakan
produk dan tes untuk mengetahui keefektifan produk Berdasarkan hasil analisis
data, hasil uji kelayakan media CAI tutorial
pada ahli materi didapatkan katagori baik. Ahli media didapatkan hasil yang baik. Untuk hasil Uji
coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam katagori
sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100%
(sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI tutorial pada mata pelajaran IPA
dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk
mengetahui keefektifan media CAI, pengembang menggunakan uji-t dengan db= (N1
+ N2 -2) = (36 + 36 – 2) = 70 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 1,66 dan thitung adalah 2,61 .
Jadi, t hitung > ttabel
(2,61 > 1,66), sehingga terjadi perbedaan signifikan antara kelas control dengan
kelas eksperimen . Maka media yang dikembangkan telah
efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di
SMP N 4 Waru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita fabel.
Kata kunci : media, Computer Assisted Instructional (CAI) ,
tutorial, Bahasa
Indonesia
Broadly
speaking, there are two patterns of language learning material in the world
that color the language learning material in Indonesia, namely learning with a
primary focus on language forms and learning with a primary focus on language
functions. But in learning Indonesian on the material about fable story text,
students have not been able to achieve the value of completeness with the
methods and media commonly used. Because fable text material is a text that has
a structure in the form of orientation, complications, resolution, and code.
The media needed is in the form of tutorials because fable story text needs
guidance from step to step to become the correct fable text.
The purpose of this study, to determine
the feasibility of the media related to improving learning outcomes and knowing
the effectiveness of the media related to improving learning outcomes in story
text fables in class VII students in SMP Negeri 4 Waru. The development model
used is the Research and Development model which includes 10 stages, namely
potential and problems, data collection, product design, design validation,
design revision, product testing, product revision, usage testing, product
revision, mass production, where the stages in this study begins with gathering
information, analyzing needs, designing, developing or creating CAI learning
media, after that it is applied and tested for student learning outcomes.
Product testing was carried out at 4 Waru
Junior High School in class VII students, the research data was collected using
interview instruments, questionnaires to determine product feasibility and
tests to determine product effectiveness Based on the results of data analysis,
the results of the CAI media feasibility test tutorial on material experts were
found in good categories . Media experts get good results. For the results of
individual, small group and large group trials included in the very good
category where the results obtained are in the percentage between 81-100% (very
good. It can be concluded that the CAI media tutorial on science subjects is
declared feasible to be used in the learning process. Whereas to determine the
effectiveness of CAI media, developers use the t-test with db = (N1 + N2 -2) =
(36 + 36 - 2) = 70 and a significant level of 5%, then the value of ttable =
1.66 and tcount is 2, 61. So, tcount> t table (2.61> 1.66), so that there
is a significant difference between the control class and the experimental
class.Thus the media developed has been effective in improving the learning outcomes
of seventh grade students at SMP 4 Waru on Indonesian subjects fable story text
material.
Keywords: media, Computer Assisted
Instructional (CAI), tutorials, Indonesian Language