EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA
THE EFFECTIVENESS OF LEARNING METHOD IN IMPROVING EARLY READING SKILL FOR MENTALLY RETARDED CHILDREN
Bahasa dalam kehidupan kita sehari-hari berfungsi sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu agar manusia dapat berkomunikasi dengan baik, maka ia harus terampil berbahasa. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Kemampuan membaca melatih siswa untuk berpikir secara sistematis, rasional, dan ilmiah. Sehingga diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak tunagrahita. Metode literatur review digunakan dalam penelitian dengan mengidentifikasi masalah, penelusuran literatur dan analisis dengan jenis penelitian pre-experimental design. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Dengan dibuktikannya pemberian metode pembelajaran membaca permulaan kepada siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan. Pada literatur dengan jenis penelitian pre-experimental design nilai rata-rata pre-test sebesar 48,39 dan pada saat post-test menjadi 80,81. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa dengan diberikan metode pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Efektivitas, Membaca, Tunagrahita
Language in our daily life serves as a means of communication. Therefore, in order for humans to communicate well, they must be skilled in language. Reading is one of the language skills that must be mastered well by students. The ability to read trains students to think systematically, rationally, and scientifically. So that it is expected to affect student achievement. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of the learning method in improving the early reading skills of mentally retarded children. The literature review method is used in research by identifying problems, literature searches and analysis with the type of pre-Experimental Design research. Data analysis was carried out with a quantitative approach to solve the problem. With the evidence that the provision of the pre-reading method to students showed a significant increase in initial reading skills. In the literature with the type of research pre-Experimental Design, the average value of the pre-test was 48.39 and at the post-test it was 80.81. Based on the results of the study, it was found that by being given an early reading learning method, it could improve early reading skills in mentally retarded children.
Keywords: Effectiveness, Reading, Retardation Children