ANALISIS POTENSI OBJEK WISATA KAMPUNG ORGANIK BRENJONK DI KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO
Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk mengalami penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung sebesar 20,6% dalam 5 tahun terakhir. Penurunan jumlah wisatawan disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah potensi. Jumlah kunjungan wisatawan dapat ditingktkan, namun diperlukan kajian faktor-faktor yang berpengaruh dan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk dan strategi pengembangan yang sesuai untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk. Subjek penelitian adalah wisatawan dan pengelola objek wisata, objek dalam penelitian adalah atraksi, fasilitas pendukung, fasilitas pelengkap, kondisi alam, dan aksesibilitas. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah penskoran dan SWOT.
Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk memiliki kelas potensi sedang. Potensi yang dimiliki objek wisata adalah pemandangan alam yang indah, kebersihan lokasi wisata, kegiatan yang dapat dilakukan, fasilitas wisata, serta keamanan dan keselamatan objek wisata. Strategi yang dapat diterapkan pada Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk adalah mendukung strategi pertumbuhan agresif atau growth oriented strategy. Penerapan strategi pertumbuhan agresif pada Objek Wisata Kampung Organik dengan memanfaatkan kekuatan berupa kondisi alam yang bersih dan indah serta peluang berupa fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia pada objek wisata agar dapat menarik minat wisatawan dan menaikan tingkat kunjungannya.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Potensi Objek Wisata, Wisata Desa, Wisata Organik, SWOT
Brenjonk Organic Village Tourism Object has decreased the number of tourists visiting by 20.6% in the last 5 years. The decrease in the number of tourists can be caused by several influencing factors, one of which is potential. In increasing the number of tourist visits, it is necessary to study the influencing factors and the right strategy. This study aims to determine the potential of the Brenjonk Organic Village Tourism Object and the appropriate development strategy to increase tourist visits.
This research is a survey research with a quantitative descriptive approach. The location of the research was carried out at the Brenjonk Organic Village Tourism Object. The research subjects are tourists and tourist attraction managers, the objects in the research are attractions, supporting facilities, complementary facilities, natural conditions, and accessibility. Researchers took a sample of 50 respondents. Data collection methods used are questionnaires and interviews. The data analysis technique used is scoring and SWOT.
Brenjonk Organic Village Tourism Object has a medium potential class. The potential of tourist objects is beautiful natural scenery, cleanliness of tourist sites, activities that can be done, tourist facilities, and security and safety of tourist objects. The strategy that can be applied to the Brenjonk Organic Village Tourism Object is to support an aggressive growth strategy or growth oriented strategy. The application of an aggressive growth strategy at the Organic Village Tourism Object by utilizing the strengths of clean and beautiful natural conditions as well as opportunities in the form of facilities and infrastructure available at the tourist attraction in order to attract tourists and increase the level of visits.
Keywords: Strategy, Development, Potential Tourism Objects, Village Tourism, Organic Tourism, SWOT