Pengaruh Neglectful Parenting Style terhadap Emosi Negatif Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran
Neglectful Parenting Style Effects on Negative Emotions of Children Aged 5-6 in Learning
Neglectful parenting style adalah pola asuh yang rendah pada dua dimensi yaitu respon dan tuntutan. Pola asuh ini dapat menyebabkan kurangnya kemampuan anak untuk mengelola emosi, pikiran, self-regulation, dan prestasi anak di sekolah. Emosi negatif merupakan rasa tidak senang, mengganggu, dan umumnya diekspresikan dengan rasa tidak suka terhadap sesuatu, seperti cemas, marah, rasa bersalah, dan sedih. Dampak negatif jika anak kesulitan mengelola emosi adalah gangguan kemampuan bicara, kebingungan dalam berekspresi, kesulitan dalam bersosialisasi, serta merasa gelisah, cemas, dan tidak nyaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh neglectful parenting style terhadap emosi negatif anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 29 anak usia 5-6 tahun atau anak kelompok B di TK Yamassa Surabaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui internet pada orang tua dan guru anak kelompok B TK Yamassa Surabaya. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan neglectful parenting style memengaruhi emosi negatif anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran sebesar 30,2% sedangkan sisanya 69,8% dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti keadaan fisik anak, kondisi lingkungan, jumlah anggota keluarga, status sosial-ekonomi keluarga, dan tempat tinggal anak.
Neglectful parenting style is a parenting that is low on two dimensions, namely response and demands. This parenting style can lead to a lack of children's ability to manage emotions, thoughts, self-regulation, and children's achievements at school. Negative emotions are feelings of displeasure, annoyance, and are generally expressed as distaste for something, such as anxiety, anger, guilt, and sadness. The negative impact if a child has difficulty managing emotions is speech disorder, confusion in expression, difficulty in socializing, also feeling anxious and uncomfortable. The purpose of this study was to determine the effect of neglectful parenting style on the negative emotions of children aged 5-6 years in learning using a quantitative approach with a sample of 29 children aged 5-6 years or group B children at TK Yamassa Surabaya. Data collection used a questionnaire distributed via the internet to parents and teachers of group B children at TK Yamassa Surabaya. The results of the study using simple linear regression show that neglectful parenting style affects the negative emotions of children aged 5-6 years in learning by 30.2% while the remaining 69.8% can be influenced by other factors such as the child's physical condition, environmental conditions, number of family members, family socio-economic status, and where the child lives.