RINGKASAN TERSTRUKTUR PENDEK MENGGUNAKAN 5W1H UNTUK MEMPERBAIKI KEMAMPUAN MENULIS MURID KELAS X
SHORT STRUCTURED SUMMARY USING 5W1H TO IMPROVE 10TH GRADE STUDENT'S WRITING COMPETENCE
Strategi Short Structured Summary using 5W1H adalah salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan menulis mereka. Selain itu, penggunaan strategi ini secara tidak langsung juga membantu siswa dalam memahami teks bacaan. Dalam menerapkan strategi ini, kelas dilakukan secara virtual dengan intensitas pertemuan sebanyak tiga kali. Ada pun materi yang diajarkan kepada siswa adalah materi teks naratif. Setelah strategi Short Structured Summary using 5W1H diterapkan, peneliti kemudian menganalisa hasil kemampuan menulis siswa melalui tugas yang telah diberikan oleh guru dan hasil wawancara kepada lima perwakilan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif di mana data diperoleh melalui proses observasi. Catatan lapangan juga dilakukan untuk mengumpulkan semua informasi terkait proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Berdasarkan hasil catatan lapangan, guru telah melalui tahapan mengajar dengan baik mulai dari membuka hingga menutup tiap pertemuan. Melalui pertemuan virtual, guru melakukan pendekatan kepada siswa dengan memperkenalkan teks naratif terlebih dahulu, kemudian menjelaskan dan mengimplementasikan strategi Short Structured Summary using 5W1H pada pertemuan berikutnya. Hasil dari penerapan strategi tersebut, siswa ditugaskan menulis ringkasan untuk kemudian dinilai menggunakan rubrik penilaian yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Wawancara semi-terstruktur juga dilakukan kepada lima perwakilan siswa untuk melengkapi hasil data yang diperoleh. Penelitian ini menemukan bahwa guru telah menerapkan strategi Short Structured Summary using 5W1H dengan baik dan dapat memperbaiki kemampuan menulis siswa menjadi lebih baik.
Short Structured Summary is one of the learning strategies which aims to assist students in improving their writing competence. In addition, the use of this strategy indirectly helps students in understanding the text. In implementing this strategy, classes were conducted virtually with three intensity meetings. The material taught to students was narrative text material. After the Short Structured Summary using the 5W1H approach was implemented, the researcher then analyzed the students' writing skills through the assignments given by the teacher and the results of interviews with five student representatives. This research was designed as qualitative descriptive research in which data was obtained through the observation process. Field notes were also carried out to collect all information related to teachers' and students' teaching and learning processes. Based on field notes, the teacher has gone through the teaching stages well, from opening to closing in each meeting. Through virtual meetings, the teacher approached students by introducing narrative text first, then explained and implemented the Short Structured Summary strategy using 5W1H at the next meeting. The results of this strategy's implementation, students were assigned to write a short structured summary to be assessed using an assessment rubric that the researcher has set. Semi-structured interviews were also conducted with five student representatives to complement the data obtained. This study found that the teacher has implemented the Short Structured Summary using the 5W1H strategy to improve students' writing competence.