The Effectiveness Of The Digital Population Identity (IKD) Program In Supporting Public Services To The Community In Pagesangan Village, Jambangan District, Surabaya City
Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat memiliki tanggung jawab untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik demi meningkatan pelayanan publik. Melalui program IKD diharapkan bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis secara detail mengenai efektivitas Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat atau mendukung pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang dilakukan menggunakan teori efektivitas menurut Duncan yang meliputi 3 indikator yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa efektivitas program IKD di Kelurahan Pagesangan sudah cukup efektif. Penetapan efektivitas program ini didasarkan pada indikator-indikator yang sudah berkinerja baik, antara lain Pencapaian tujuan dengan sub indikator kurun waktu dan dasar hukum, Integrasi dengan sub indikator prosedur, Adaptasi dengan sub indikator peningkatan kemampuan pegawai dan sarana prasarana. Meskipun sudah terlaksana dengan baik, namun program ini masih menghadapi banyak tantangan, antara lain tujuan program yang tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, masyarakat yang tidak memiliki perangkat dengan spesifikasi mendukung dan program yang kurang diketahui masyarakat. Rekomendasi yang diperoleh dari penelitian ini menyarankan perluasan upaya sosialisasi terkait Identitas Kependudukan Digital. Selain itu, disarankan untuk meningkatkan kemampuan petugas pelayanan melalui pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam memfasilitasi aktivasi Identitas Kependudukan Digital. Selain itu, disarankan untuk memaksimalkan saluran komunikasi yang digunakan dalam program sosialisasi
Kata kunci: Efektivitas, Identitas Kependudukan Digital, Pelayanan Publik
The government as a provider of public services needed by the community has the responsibility to continue to strive to provide the best service in order to improve public services. Through the IKD program, it is hoped that it can increase effectiveness and efficiency in population administration services. The purpose of this study is to provide a detailed analysis of the effectiveness of the Digital Population Identity Program (IKD) in facilitating public services to the community in Pagesangan Village, Jambangan District, Surabaya City. In addition, this study aims to identify factors that hinder or support the implementation of the program. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. The research conducted uses the theory of effectiveness according to Duncan which includes 3 indicators, namely goal achievement, integration and adaptation. Data collection techniques use interviews, observations and documentation.
The results of the study show that the effectiveness of the IKD program in Pagesangan Village is quite effective. The determination of the effectiveness of this program is based on indicators that have performed well, including Achievement of goals with sub-indicators of time period and legal basis, Integration with sub-indicators of procedures, Adaptation with sub-indicators of improving employee capabilities and infrastructure. Although it has been implemented well, this program still faces many challenges, including program goals that are not in accordance with the expected results, people who do not have devices with supporting specifications and programs that are not well known to the public. The recommendations obtained from this study suggest expanding socialization efforts related to Digital Population Identity. In addition, it is recommended to improve the ability of service officers through training and technical guidance to improve skills and knowledge in facilitating the activation of Digital Population Identity. In addition, it is recommended to maximize the communication channels used in the socialization program
Keywords: Effectiveness, Digital Citizenship Identity, Public Service