STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CAFE MERCI DALAM MENGATASI PERSAINGAN COFFEE SHOP DI KAVLING DPR SIDOARJO
CAFE MERCI'S MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IN OVERCOMING COFFEE SHOP COMPETITION IN THE DPR SIDOARJO PLOTS
Pertumbuhan kedai kopi atau coffee shop yang terus berkembang seiring dengan permintaan masyarakat yang tinggi. Salah satu contoh dari persaingan di bidang bisnis kedai kopi adalah di Kavling DPR Sidoarjo yang merupakan Kawasan yang dipenuhi oleh kedai kopi di sepanjang jalan Kavling DPR Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan strategi apa saja yang dilakukan oleh Café Merci yang merupakan salah satu kedai kopi yang ada di Kavling DPR Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe dekskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dimana pemilihan informan dilakukan dengan beberapa pertimbangan yang berhubungan tujuan dari penelitian ini.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan mengambil dokumentasi.
Didapatkan hasil bahwa Café Merci menggunakan berbagai macam strategi dari mulai aspek produk yang mereka miliki yaitu menu-menu yang dijual, harga yang diberikan terhadap produk mereka yang menjadi nilai jual, kemudian promosi yang dilakukan untuk menyampaikan dan menginformasikan juga mempengaruhi konsumen, melalui aspek pemilihan lokasi di Kavling DPR Sidoarjo, dan beberapa strategi pendukung seperti staff yang goodlooking dan juga kekuatan mulut ke mulut dari konsumen yang sudah memiliki loyalitas terhadap Café Merci. Strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Café Merci tersebut sesuai dengan dengan marketing mix oleh Philip Kotler et al., (2018) yaitu 4p (product, price, place, dan promotion). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Café Merci berhasil dalam mengatasi persaingan yang ada di Kavling DPR terbukti dari Café Merci yang masih tetap mendapatkan konsumen dari awal buka sampai sekarang dan mendapatkan loyalitas dari konsumen yang sudah datang di Café Merci.
Kata kunci : Kedai kopi, Strategi, Kavling DPR, Persaingan.
The growth of coffee shops or coffee shops continues to grow in line with high public demand. One example of competition in the coffee shop business is in the Sidoarjo DPR Plot, which is an area filled with coffee shops along the Sidoarjo DPR Plot road. This study aims to find out how and what strategies are carried out by Café Merci which is one of the coffee shops in the DPR Sidoarjo Lot. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. The determination of informants in this study used a purposive sampling technique where the selection of informants was carried out with several considerations related to the objectives of this study. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews, observation, and taking documentation.
The results show that Café Merci uses various strategies starting from the aspects of the products they have, namely the menus sold, the prices given to their products which become selling points, then promotions carried out to convey and inform as well as influence consumers, through aspects of location selection in the Sidoarjo DPR Plot, and several supporting strategies such as good-looking staff and also the power of word of mouth from consumers who already have loyalty to Café Merci. The marketing communication strategy carried out by Café Merci is in accordance with the marketing mix by Philip Kotler et al., (2018), namely 4p (product, price, place, and promotion). The conclusion of this study is that the communication strategy implemented by Café Merci has been successful in overcoming competition in the DPR plots, as evidenced by Café Merci, which still gets consumers from when it opened until now and gains loyalty from consumers who have come to Café Merci.
Keywords: Coffee shop, Strategy, DPR plots, Competition.