PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 12 OTKP 2 DI SMKN 1 SURABAYA
THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON LEARNING MOTIVATION OF CLASS 12 OTKP 2 STUDENTS AT SMKN 1 SURABAYA
Tujuan dengan adanya penelitian ini agar mendapatkan pengetahuan dan menganalisa pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas 12 OTKP 2 di SMK Negeri 1 Surabaya. Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan dalam penelitian ini yang menggunakan metode survey. Penelitian tersebut dilakukan di SMKN 1 Surabaya dengan mencakup 35 siswa kelas 12 OTKP 2. Teknik dalam pengumpulan data ini menggunakan teknik survei yaitu skala likert. Survey dibuat di google form sehingga mudah terakses oleh siswa. Teknik dalam analisis data yang digunakan yakni menghitung persentase data pada masing-masing indikator yang mempergunakan uji analisis regresi linier berganda, kemudian menginterpretasikan skor penyajian data dan menganalisis masing-masing indikator secara mendalam. Pengumpulan data memakai teknik wawancara, dokumentasi dan angket kuisioner. Teknik analisis data memakai metode uji asumsi klasik yakni memakai uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan memakai analisa linier berganda serta uji hipotesis yakni uji t, uji f dan uji koefesien determinasi (R²). Hasil uji t pada X1 yaitu sebesar 0,040 < 0,05 yang bisa diartikan jika hipotesis diterima dan di dapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
This study aims to determine and analyze the influence of online learning on the learning motivation of 12 OTKP 2 students at SMK Negeri 1 Surabaya. Quantitative approach is an approach in this research that uses survey method. The research was conducted at SMKN 1 Surabaya covering 35 students of 12 OTKP 2. The technique in collecting this data used a survey technique, namely the Likert scale. The survey is made on a google form so that it is easily accessible by students. The technique in data analysis used is to calculate the percentage of data on each indicator using multiple linear regression analysis, then interpret the data presentation scores and analyze each indicator in depth. Data collection using interview techniques, documentation and questionnaires. The data analysis technique used the classical assumption test method, namely using the normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and using multiple linear analysis and hypothesis testing namely T test, F test and coefficient of determination (R²) test. The results of the t-test on X1 are 0.040 <0.05 which can be interpreted if the hypothesis is accepted and it is concluded that online learning has an influence on students learning motivation.