ABSTRAK
Sari, Riona Mei Wanita. 2020.
Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe
STAD Berbantuan Media Video show Terhadap
Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis,
Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Drs. Nasution,
M.Ed, P.hD dan (II) Dr. Waspodo Tjipto Subroto,M.Pd.
Kata-kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe STAD, Media Video show , Keterampilan Sosial, Hasil
Belajar IPS.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model cooperative
learning tipe STAD berbantuan media video show yang dapat meningkatkan ketrampilan sosial dan hasil
belajar IPS siswa kelas IV
sekolah dasar dengan
langkah yaitu: (1) Presentasi
kelas atau penyajian
materi; (2) Pembentukan kelompok; (3) Tes (Kuis);
(4) Perhitungan skor
perubahan atau perkembangan siswa; (5) Pengakuan tim atau penghargaan
kelompok. Untuk mengungkapkan kelayakan model cooperative learning tipe STAD berbantuan video show digunakan instrumen lembar validasi pada dua validator
dan uji coba siswa perorangan serta kelompok kecil. Untuk mengungkapkan
kepraktisan model cooperative learning digunakan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran dan keterampilan sosial siswa pada uji coba lapangan. Serta
mengungkapkan keefektifan digunakan lembar penilaian pembelajaran pada uji cobalapangan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe STAD
berbantuan video show layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan
dengan hasil rata-rata validasi mencapai silabus 3,41 rata-rata validasi RPP
3,43 dan rata-rata validasi LKPD 3,38 dengan kategori baik dan dapat digunakan
dengan sedikit revisi. Penerapan model cooperative
learning tipe STAD berbantuan video
show dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat praktis. Hal
tersebut dibuktikan dengan rata-rata validasi angket tanggapan siswa mencapai
3.34 dengan keterangan baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil
observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 3,41 dengan kategori baik dan
dapat digunakan dengan sedikit revisi. Validasi lembar observasi aktivasi siswa
mencapai 3,3 debgan keterangan baik dan dapat digunakan dengan sedikitrevisi.
Penerapan model cooperative
learning tipe STAD berbantuan video
show efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut
dibuktikan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen mencapai
skor total 88,5 % dan kelas kontrol mencapai 82%. Hasil peningkatan nilai gain
(g) kelas eksperimen diperoleh rata-rata 0,5548 dengan kategori sedang,
sedangkan kelas kontrol 0,4833 dengan kategori sedang peningkatannya.